Kepribadian dan Perilaku Investasi: Eksplorasi Big Five Personality Model Pada Investor Indonesia
Nurul Chaliza Usman, Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Psikologi
Perilaku investasi adalah aktivitas yang dilakukan dengan cermat untuk merencanakan penggunaan sumber finansial saat ini untuk meraih hasil yang lebih baik di masa depan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku investasi, salah satunya yaitu kepribadian. Kepribadian sendiri merupakan integritas unik yang terbentuk dari pengalaman dan keturunan individu. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara kepribadian big five dengan perilaku investasi pada investor di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimen dengan teknik survei pada 386 partisipan yang merupakan investor di Indonesia. Adapun alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu IPIP-BFM-25 versi Bahasa Indonesia dan Objectives-Oriented Investment Behavior Scale yang telah melalui proses translasi ke dalam Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga dimensi kepribadian yang memiliki hubungan signifikan dengan perilaku investasi yaitu agreeableness, conscientiousness, dan intellect. Sementara dua dimensi yang tidak memiliki hubungan signifikan yaitu extraversion dan emotional stability. Agreeableness memiliki sumbangan efektif yang paling besar dikaitkan dengan individu yang memiliki ketergantungan dengan opini orang lain dalam proses pengambilan keputusan investasi daripada opini mereka sendiri.
Investment behavior involves careful planning and utilization of current financial resources to achieve better outcomes in the future. Several factors influence investment behavior, one of which is personality. Personality is a unique integrity formed by an individual’s experiences and heredity. This study aims to examine the relationship between the Big Five personality traits and investment behavior among investors in Indonesia. This research employs a non-experimental quantitative method using a survey technique on 386 participants who are investors in Indonesia. The instruments used in this study include the IPIP-BFM-25 Indonesian version and the Objectives-Oriented Investment Behavior Scale, which has been translated into Indonesian. The results indicate that three out of five personality dimensions which are agreeableness, conscientiousness, and intellect have a significant relationship with investment behavior. In contrast, two dimensions which are extraversion and emotional stability do not show a significant relationship. Agreeableness contributes the most, which is associated with individus' reliance on others' opinions rather than their own in the investment decision-making process.
Kata Kunci : perilaku investasi, kepribadian big five, regresi ganda