Peran Pendapatan Keluarga dan Pendidikan Ibu Terhadap Kesiapan Anak untuk Bersekolah dengan Dimediasi Oleh Keterlibatan Ibu
Faizatur Rachmadanti, Dr. Arum Febriani, S.Psi., M.A.
2024 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi
Kesenjangan yang terjadi dalam kesiapan anak
untuk bersekolah salah satunya disebabkan oleh status sosial ekonomi keluarga.
Pengaruh status sosial ekonomi pada level makro terhadap kesiapan sekolah anak
dapat terjadi melalui proses dalam keluarga seperti keterlibatan ibu.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji peran pendapatan keluarga dan latar
belakang pendidikan ibu terhadap kesiapan anak untuk bersekolah dengan
dimediasi oleh keterlibatan ibu. Partisipan dalam penelitian ini adalah 169 ibu
dan anak berusia 5-7 tahun yang menempuh pendidikan TK/RA B. Data dikumpulkan
menggunakan metode survei. Partisipan ibu mengisi pertanyaan demografi seputar
pendapatan keluarga dan pendidikan ibu serta skala keterlibatan ibu yang
diadaptasi dari Chinese Early Parental
Involvement Scale. Sementara itu, pengukuran kesiapan sekolah anak
dilakukan oleh guru wali kelas melalui skala School Readiness Questionnaire. Analisis mediasi menggunakan
PROCESS menunjukkan adanya pengaruh pendidikan ibu terhadap kesiapan anak untuk
bersekolah melalui keterlibatan ibu. Namun, efek mediasi keterlibatan ibu tidak
ditemukan pada pengaruh pendapatan keluarga terhadap kesiapan anak untuk
bersekolah.
The gap in children's readiness for school is
partly caused by their socioeconomic status. As a macro-level influence, the
contribution of socioeconomic status to a children’s school readiness is
relevant through family processes such as maternal involvement. This research
was conducted to examine the role of family income and maternal educational
background in a children’s school readiness through the mediation of maternal
involvement. The participants in this study were 169 mothers and children aged
5-7 years who were enrolled in TK/RA B. Data were collected using a survey
method. The mothers completed demographic questions regarding family income,
maternal education, and the maternal involvement scale adapted from the Chinese
Early Parental Involvement Scale. Meanwhile, children's school readiness was
measured by teachers using the School Readiness Questionnaire scale. Mediation
analysis using PROCESS shows that there is an indirect effect of maternal
education on children's school readiness through maternal involvement. However,
this effect was not found for family income on children's school readiness.
Kata Kunci : kesiapan anak untuk bersekolah, keterlibatan ibu, pendapatan keluarga, pendidikan ibu