Laporkan Masalah

Peran Pendapatan Keluarga dan Pendidikan Ibu Terhadap Kesiapan Anak untuk Bersekolah dengan Dimediasi Oleh Keterlibatan Ibu

Faizatur Rachmadanti, Dr. Arum Febriani, S.Psi., M.A.

2024 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Kesenjangan yang terjadi dalam kesiapan anak untuk bersekolah salah satunya disebabkan oleh status sosial ekonomi keluarga. Pengaruh status sosial ekonomi pada level makro terhadap kesiapan sekolah anak dapat terjadi melalui proses dalam keluarga seperti keterlibatan ibu. Penelitian ini dilakukan untuk menguji peran pendapatan keluarga dan latar belakang pendidikan ibu terhadap kesiapan anak untuk bersekolah dengan dimediasi oleh keterlibatan ibu. Partisipan dalam penelitian ini adalah 169 ibu dan anak berusia 5-7 tahun yang menempuh pendidikan TK/RA B. Data dikumpulkan menggunakan metode survei. Partisipan ibu mengisi pertanyaan demografi seputar pendapatan keluarga dan pendidikan ibu serta skala keterlibatan ibu yang diadaptasi dari Chinese Early Parental Involvement Scale. Sementara itu, pengukuran kesiapan sekolah anak dilakukan oleh guru wali kelas melalui skala School Readiness Questionnaire. Analisis mediasi menggunakan PROCESS menunjukkan adanya pengaruh pendidikan ibu terhadap kesiapan anak untuk bersekolah melalui keterlibatan ibu. Namun, efek mediasi keterlibatan ibu tidak ditemukan pada pengaruh pendapatan keluarga terhadap kesiapan anak untuk bersekolah. 

The gap in children's readiness for school is partly caused by their socioeconomic status. As a macro-level influence, the contribution of socioeconomic status to a children’s school readiness is relevant through family processes such as maternal involvement. This research was conducted to examine the role of family income and maternal educational background in a children’s school readiness through the mediation of maternal involvement. The participants in this study were 169 mothers and children aged 5-7 years who were enrolled in TK/RA B. Data were collected using a survey method. The mothers completed demographic questions regarding family income, maternal education, and the maternal involvement scale adapted from the Chinese Early Parental Involvement Scale. Meanwhile, children's school readiness was measured by teachers using the School Readiness Questionnaire scale. Mediation analysis using PROCESS shows that there is an indirect effect of maternal education on children's school readiness through maternal involvement. However, this effect was not found for family income on children's school readiness. 

Kata Kunci : kesiapan anak untuk bersekolah, keterlibatan ibu, pendapatan keluarga, pendidikan ibu

  1. S2-2024-486183-abstract.pdf  
  2. S2-2024-486183-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-486183-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-486183-title.pdf