Implementasi Pengendali Belitan Medan Motor DC Eksitasi Terpisah Untuk Kendaraan Listrik Kawasan Terbatas
MUHAMMAD BAGUS HIDAYATULLAH, Ir. Eka Firmansyah, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM.;Dr.-Ing. Ir. Yohan Fajar Sidik, S.T., M.Eng.
2024 | Skripsi | TEKNIK ELEKTRO
Motor dc eksitasi terpisah merupakan salah satu jenis motor listrik yang kerap
digunakan untuk aplikasi kendaraan listrik. Hal tersebut disebabkan karena motor dc
eksitasi terpisah memiliki keunggulan berupa torsi yang tinggi, serta kemudahan pengendaliannya dengan harga yang terjangkau. Pada penelitian ini bertujuan untuk melakukan
perancangan pengendali bagian belitan medan (field) pada motor dc eksitasi terpisah dengan rating tegangan 48 V dan arus 10 A dengan frekuensi switching sebesar 10 kHz.
Pengendali belitan medan (field) yang dirancang harus dapat menjalankan tugas utama
untuk mengatur arah gerak pada kendaraan dan juga mengatur kecepatan putar (RPM)
maksimal pada kendaraan dengan mode field weakening. Pada perangkat keras (hardware) pengendali terdiri atas bagian low voltage board dan high voltage board dengan
menggunakan mikrokontroler STM32F401CEU6 untuk menjalankan algoritma pengendali arus. Pengendali belitan medan yang telah dirancang dapat menjalankan tugas utama
pada motor SepEx XP-2067-S dengan tegangan masukan 48 V. Pada penelitian ini telah
berhasil direalisasikan sebuah pengendali belitan medan (field) pada motor dc eksitasi
terpisah dengan desain perangkat sesuai dengan IPC, di mana pengendali yang dirancang telah dapat menjalankan tugas utama untuk mengatur arah gerak pada kendaraan
dan juga mengatur kecepatan putar (RPM) maksimal pada kendaraan dengan mode field
weakening sesuai dengan skenario pengujian pada penelitian.
Separately excited dc motors are a type of electric motor frequently used in electric vehicle applications. This is because separately excited dc motors offer high torque
and are easy to control at an affordable cost. This study aims to design a field winding
controller for a separately excited dc motor with a voltage rating of 48 V and a current
rating of 10 A, with a switching frequency of 10 kHz. The designed field winding controller must be capable of performing the primary tasks of regulating the direction of vehicle
movement and controlling the maximum rotational speed (RPM) of the vehicle using the
field weakening mode. The hardware controller consists of a low voltage board and a high voltage board, utilizing the STM32F401CEU6 microcontroller to execute the current
control algorithm. The designed field winding controller can perform the main tasks on
the SepEx XP-2067-S motor with a 48 V input voltage. This study successfully realized
a field winding controller for a separately excited dc motor with device design according
to IPC standards. The designed controller can perform the primary tasks of regulating
the direction of vehicle movement and controlling the maximum rotational speed (RPM)
of the vehicle using the field weakening mode, as per the testing scenarios in the study.
Kata Kunci : Motor dc eksitasi terpisah; MOSFET; Gate Driver; Konverter full bridge; Field weakening