Conceptual Metaphors Used in Diary of a Wimpy Kid
Wedhar satya Kalbu, Dr. Ni Gusti Ayu Roselani, M.A.
2024 | Skripsi | SASTRA INGGRISStudi ini bertujuan untuk menganalisis metafora konseptual yang digunakan dalam percakapan di film Diary of a Wimpy Kid. Studi ini juga menganalisis bagaimana judul film Diary of a Wimpy Kid digambarkan melalui metafora konseptual yang ditemukan dalam film. Banyak studi yang berfokus pada analisa penggunaan metafora konseptual. Studi ini dibatasi pada pengumpulan data yang bersumber dari ucapan karakter yang merujuk atau melibatkan karakter utama. Namun, belum banyak penelitian yang berkaitan dengan metafora konseptual pada film dan penggambaran judul film melalui metafora konseptual. Untuk mengumpulkan data, diharuskan untuk menonton film yang diperoleh dari Disney+ beserta skripnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teori dari Lakoff dan Johnson (2003) serta Kovecses (2010), yang kemudian dikategorikan ke dalam tiga fungsi kognitif: struktural, orientasional, dan ontologis. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat enam puluh sembilan metafora linguistik, yang terbagi menjadi tiga puluh satu metafora struktural, tujuh metafora orientasional, dan tiga puluh satu metafora ontologis. Dari analisis enam puluh sembilan data tersebut, ditemukan dua belas metafora yang menggambarkan judul film tersebut. Hasil dari penggambaran itu menunjukan bahwa Greg Heffley, sebagai karakter utama, terlihat sering mendapatkan perundungan yang mana dapat disimpulkan sebagai penggambaran pribadi yang wimpy seperti yang tertulis pada judul film.
This study aims to analyze the conceptual metaphors used in the conversations in the movie Diary of a Wimpy Kid. This study also analyzes how the movie title Diary of a Wimpy Kid is depicted through the conceptual metaphors found in the film. Many studies focus on examining the use of conceptual metaphors. This study is limited to collecting data from character utterances that refer to or involve the main character. However, there has not been much research related to conceptual metaphors in movies and the depiction of movie titles through conceptual metaphors. To collect data, it was required to watch the movie obtained from Disney+ and its script. The collected data was analyzed using the theories of Lakoff and Johnson (2003) and Kovecses (2010), which were then categorized into three cognitive functions: structural, orientational, and ontological. The results showed that there were sixty-nine linguistic metaphors, which were divided into thirty-one structural metaphors, seven orientational metaphors, and thirty-one ontological metaphors. From the analysis of the sixty-nine data points, twelve metaphors were found to represent the depiction of the movie title. The results of these depictions show that Greg Heffley, as the main character, frequently experiences bullying, which can be concluded as a portrayal of a wimpy personality, consistent with the film's title.
Kata Kunci : conceptual metaphor, cognitive linguistic, diary of a wimpy kid