Strategi IDN Media dalam Membangun Platform Informasi Digital untuk Milenial dan Gen Z
Elsy Destiny Telaumbanua, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.,
2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh IDN Media dalam mewujudkan visinya sebagai media informasi digital bagi Generasi Milenial dan Gen Z di tengah persaingan industri media digital dan platform media sosial. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan melakukan wawancara mendalam dengan CEO IDN Media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IDN Media mengimplementasikan berbagai strategi untuk mencapai visinya, termasuk diferensiasi produk dan layanan, diversifikasi lini bisnis, dan kolaborasi. IDN Media mengembangkan produknya dengan membuat aplikasi dan memanfaatkan teknologi AI untuk personalisasi konten dan meningkatkan pengalaman pengguna untuk menyajikan informasi secara ringkas dan relevan bagi audiens target. Selain itu, IDN Media memperluas pilar bisnisnya pada bidang live streaming, bisnis hiburan (entertainment), dan bisnis kreator untuk tetap kompetitif di pasar yang dinamis. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti pentingnya inovasi, diversifikasi, dan kolaborasi dalam mengembangkan strategi bisnis yang sukses di industri media digital. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi dan bahan pertimbangan bagi praktisi bisnis dan akademisi dalam memahami dan mengembangkan strategi yang efektif untuk bersaing di industri media yang semakin kompetitif.
The purpose of this research is to analyse the strategies implemented by IDN Media in realizing its vision as a digital information media for the Millennial Generation and Gen Z amidst the competitive digital media industry and social media platforms. This research is qualitative research with a case study approach, and conducted in-depth interviews with the CEO of IDN Media. The research results show that IDN Media implements various strategies to achieve its vision, including product and service differentiation, business line diversification, and collaboration. IDN Media develops its products by creating applications and utilizing AI technology to personalize content and improve user experience to present information concisely and relevantly to the target audience. In addition, IDN Media is expanding its business pillars in the fields of live streaming, entertainment business and creator business to remain competitive in a dynamic market. Overall, this research highlights the importance of innovation, diversification, and collaboration in developing successful business strategies in the digital media industry. It is hoped that the results of this research can become a reference and consideration for business practitioners and academics in understanding and developing effective strategies to compete in an increasingly competitive media industry.
Kata Kunci : Diferensiasi, diversifikasi, Generasi Milenial, Generasi Z, kolaborasi, media digital, media sosial, dan strategi bisnis