Laporkan Masalah

PERBANDINGAN PENILAIAN KONDISI DAN PREDIKSI SISA UMUR LAYAN JEMBATAN PCI GIRDER DENGAN PEDOMAN PEMERIKSAAN JEMBATAN DAN BCR (Studi Kasus: Overpass Ruas Tol Solo Km 00+50 – Km 495+170)

Suhada Martakim, Akhmad Aminullah, ST., M.Eng., Ph.D; Prof.Dr-Ing. Ir. Andreas Triwiyono, IPU.

2024 | Tesis | S2 Teknik Sipil

Infrastruktur jembatan di Indonesia merupakan hal vital sebagai penghubung antar suatu kawasan. Berdasarkan informasi tersebut maka dibutuhkan cara untuk memelihara jembatan agar kondisinya selalu baik dan memenuhi umur layan yang direncanakan. Di Indonesia cara melakukan penilaian jembatan adalah melalui inspeksi visual yang dijabarkan pada Pedoman Pemeriksaan Jembatan tahun 2022. Selain itu, ada metode penilaian yang digunakan di negara lain berupa Bridge Condition Rating atau disebut BCR. Peneliti ingin mengetahui apakah metode BCR yang digunakan di negara lain lebih unggul dibandingkan yanng digunakan di Indonesia . Berangkat dari hal tadi peneliti bertujuan melakukan perbandingan dari kedua metode tersebut untuk mengetahui apakah ada parameter yang dapat dijadikan tolok ukur.

Penelitian ini dilakukan pada enam jembatan PCI girder berupa overpass pada ruas tol Solo yang didukung dengan data primer berupa survei dan sekunder. Peneliti menggunakan metode penilaian Pedoman Pemeriksaan Jembatan yang memiliki nilai 0 sampai 5 dan BCR yang memiliki nilai 0 sampai 9 untuk menghasilkan nilai total kondisi jembatan. Selain itu, peneliti juga mencoba melakukan modifikasi berdasarkan metode sebelumnya. Tidak hanya nilai kondisi penelitian ini juga membahas  perbedaan kriteria, prioritas  penanganan dan hasil prediksi sisa umur layan.

Hasil penelitian menunjukkan teredapat 6 aspek yang menjadi perbandingan dari Pedoman Pemeriksaan  Jembatan, BCR dan modifikasi serta menunjukkan  Pedoman  Pemeriksaan Jembatan  lebih  baik  dan  tepat  diterapkan. Sedangkan  untuk  nilai  kondisi  dari  Pedoman Pemeriksaan Jembatan menunjukkan 1 jembatan memiliki predikat sangat baik dan 5 lainnya memliki predikat baik, untuk modifikasi 2 jembatan memiliki predikat sangat baik dan 4 lainnya mendapat predikat baik sedangkan BCR semua jembatan mendapat predikat baik. Untuk prediksi sisa umur Pedoman Pemeriksaan Jembatan memiliki prediksi paling kecil. Sedangkan untuk prioritas penanganan dari ketiga metode menunjukkan overpass Denggungan memiliki prioritas paling tinggi.

Bridge infrastructure is vital link between regions in Indonesia. Based on this information, we need a method to maintain and preserve the bridge so that it is always in good condition and fulfill the planned service life. In Indonesia, one of the ways to assess bridges is through visual inspection which is described in the 2022 Bridge Inspection Guidelines. Beside that, there is another assessment method used in another countries in the form of Bridge Condition Rating or called BCR. Researchers want to know whether the BCR method used in other countries is superior to the one used in Indonesia. Based on this, the researcher aims to compare the two methods to find out whether there are parameters that can be used as benchmarks.

This research was conducted on six PCI girder overpass bridges on Solo toll road which is supported by primary data in the form of surveys and secondary data. Researchers used the Bridge Inspection Guidelines assessment method which has a value of 0 to 5 and BCR which has a value of 0 to 9 to produce a total value of the bridge condition. Apart from that, researchers also tried to make modifications based on previous methods. Then, the values obtained will be given recommendations for appropriate handling and priority.  Not only the condition value, this research also discusses the differences in criteria for several parameters, handling priorities and predicted results of remaining service life.

The research results show a comparison of 6 aspects of the BCR, Bridge Inspection Guidelines and modifications. The first aspect is that the hierarchy of elements in the bridge guideline has the advantage of being more detailed. Secondly, the number of elements checked by the guidelines is greater. Third, the guideline inspection method has a more detailed reference because there are additional special inspections. Fourth, in assessment number the BCR has shown advantage of being a more precise , this is shown through the condition value. If based on the bridge guidelines, the condition value of the Ngasem bridge is 2, modification is 2, then the BCR is 5.402. Fifth, the prediction of remaining service life for BCR has a wider range. Sixth, the modified assessment results can be taken into consideration because of the wide range and simpler assessment method.

Kata Kunci : BCR, Pedoman 2022, Perbandingan, Visual

  1. S2-2024-486422-abstract.pdf  
  2. S2-2024-486422-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-486422-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-486422-title.pdf