Laporkan Masalah

Analisis penurunan resep pasien rawat jalan di APotik Rumahsakit Metropolitan Medical Center Kuningan Jakarta

RAHARJO, Lestari, dr. Sulanto S. Danu, SpFK

2004 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sasaran utama pelayanan rumah sakit MMC yang berorientasi pelanggan adalah kepuasan pasien dengan moto kerja : mengutamakan mutu dan pelayanan. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memberikan pelayanan obat yang bermutu dimana obat yang dibutuhkan tersedia setiap saat, jumlah cukup, mutu terjamin, harga terjangkau dan digunakan secara rasional. Apotik rumah sakit merupakan profit center bagi rumah sakit. Sayangnya jumlah resep yang masuk ke apotik rawat jalan rumah sakit MMC hanya sekitar 77,8% dari jumlah resep yang ditulis oleh dokter rumah sakit MMC. Upaya yang telah dilakukan seperti penambahan satu ruang farmasi rawat jalan, formularium sehingga penulisan obat dalam lembar resep menjadi lebih rasional. Namun upaya-upaya tersebut belum menunjukkan hasil optimal, terbukti dari tahun ke tahun tingkat pelayanan resep menunjukkan penurunan. Hal ini mungkin disebabkan belum dieksplorasi dengan sungguh-sungguh apa sebenarnya yang menjadi penyebeb masalah. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif analitik dan bersifat eksploratif. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab penurunan pelayanan resep pasien rawat jalan di 7P faktor pelayanan (process, product, people, place, physical evidence, promotion, dan price). Tinjauan dari manajemen rumah sakit dan minat pasien. Cara pengumpulan data ialah dengan wawancara mendalam, pengisian quesioner, observasi proses pelayanan dan observasi dokumen. Instrumen terdiri atas pedoman wawancara, daftar cek, quesioner terstruktur dengan jawaban setengah terbuka dan kartu kendali. Selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan kwantitatif deskriptif kemudian di bahas untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya tingkat pelayanan resep di apotik rawat jalan rumah sakit MMC disebabkan oleh beberapa faktor: (1) kualitas petugas pemberi informasi pemakaian oabt masih rendah (dibawah 50%); (2) terjadi kebocoran 20% dari seluruh resep pasien rawat jalan yang ditulis oleh dokter tidak masuk ke apotik rawat jalan rumah sakit; (3) harga obat yang terlalu mahal; (4) fungsi apoteker sebagai pemberi informasi obat belum optimal; (5) ketaatan dokter pada formularium belum tinggi; (6) belum kompaknya hubungan dokter dan apoteker dalam usaha peningkatan penjualan obat apotik rumah sakit; (7) belum pernaah di evaluasi keberadaan satelit farmasi dan formularium; (8) sering terjadinya kekosongan obat; (9) dokter tidak termotivasi untuk memperbanyak pemasukan resepnya ke apotik rumah sakit. Untuk mengatasi masalah tersebut disarankan (1) pembinaan petugas penyerah obat; (2) pembentukan tim pengendalian obat dan barang farmasi; (3) peninjuan kembali mengenai tarif obat di apotik rawat jalan RS MMC; (4) penempatan seorang apoteker sebagai pemberi informasi obat; (5) revisi formularium melalui pertemuan dengan sub komite farmasi dan terapi rumah sakit; (6) pertemuan rutin sub komite farmasi dan terapi rumah sakit dua bulan sekali; (7) evaluasi terhadap keberadaan satelit farmasi dan formularium; (8) pemantapan sistem perencanaan obat dan pemilihan pemasok; (9) pembagian insentif bagi dokter dengan sistem indek sesuai jumlah resep masing-masing dokter. Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan oleh rumah sakit sebagai salah satu alat untuk menyusun strategi perbaikan tingkat pelayanan resep.

The main target of costumer oriented MMC hospital service is a patient satisfaction with work motto: quality and service emphasize. One of the ways to achieve it is giving a qualified medicine service. The drugs are provided enough, quality ensured, attainable price and rationally used. Hospital pharmacy department is profit center for the one. Unfortunately the number of prescription which bought in MMC hospital outpatient pharmacy is about 77,8% from the total number of prescriptions which written by the doctors or MMC hospital. The efforts to improve the number of prescriptions which bought in hospital pharmacy have been done, like adding an outpatient pharmacy room, formulation so that the drugs can be written rationally, but it hasn’t been resulted optimal. It can be proved that the service of prescriptions is decreased year by year. It might be the main cause of the problem hasn’t been known really. The research is planed as an explorative descriptive analytic research, to know the cause factor of decreasing outpatient prescriptions services in 7 P service factors (process, product, people, place, physical evidence, promotion, and price). Prospectively hospital management and patient interest. Methods for collecting data are interview, questioner filling and observation to service process and the documents. Research instruments consist of guide of interview, check list, questioner structured with open half answer and control card and then it is analyzed in qualitative and description quantitative analysis, discussed, finally concluded. Results of this research show that decreasing of prescriptions service degree in MMC hospital outpatient pharmacy is caused by many factors: (1) low quality of the officer who informed the drug manual (under 50%), (2) 20% of the total number of outpatient prescription which written by the doctors aren’t bought in MMC hospital outpatient pharmacy, (3) too expensive price medicine, (4) pharmacist hasn’t been done his function optimally as a drug consultant, (5) not all the doctors abbey to write the prescriptions based on formulary, (6) the relations between the doctors and pharmacy medicine selling hasn’t been good, (7) existence of pharmacy satellite and formulary hasn’t been ever evaluated, (8) the drugs aren’t provided often, (9) doctors aren’t motivated to improve the number of prescriptions in order to be bought in hospital pharmacy. To solve the problems I suggest to: (1) educated the officer who give the drugs, (2) from pharmacy goods and drug control team, (3) evaluate the medicine price in MMC hospital outpatient pharmacy, (4) place a pharmacist as a drug consultant, (5) make revision on formulary through the meeting of sub pharmacy committee and hospital therapy, (6) continuously meet sub pharmacy committee and hospital therapy two months at once, (7) evaluate the existence pharmacy satellite and formulary, (8) keep in firm medical plan system and choosing of suppliers, (9) give the different incentives to the doctors with index system based on the number of prescriptions. Hoped that the result of this research can be used by the hospital as a means to arrange the strategy to improve prescription service degree.

Kata Kunci : Manajemen Rumahsakit, Apotik, Penurunan Resep, Pasien Rawat Jalan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.