Laporkan Masalah

Strategi Manajemen Aset Badan Layanan Umum (BLU) Pendidikan Vokasi Kementerian Perhubungan : Analisis Perspektif Kepemimpinan

BAMBANG SETIAWAN, Prof. Dr. Yeremias T. Keban, MURP; Prof. Wakhid Slamet Ciptono, MBA., MPM., Ph.D; Amirullah Setya Hardi, SE., Cand.Oecon., Ph.D

2024 | Disertasi | S3 STUDI KEBIJAKAN

Manajemen aset strategik dan Kepemimpinan BLU Pendidikan vokasi Kementerian Perhubungan menarik untuk dikaji dari perspektif SDM dan organisasi berbasis ISO 55000 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 202/PMK.05/2022 tahun 2022 tentang Pedoman Pengelolaan BLU. Akar dari persoalan belum optimalnya manajemen aset strategik adalah lemahnya kapabilitas pimpinan BLU, budaya organisasi yang masih tradisional dan minimnya kompetensi pegawai yang mengakibatkan ketidakoptimalan strategi manajemen aset. Studi-studi sebelumnya cenderung melihat fenomena manajemen aset dari pendekatan ekonomi, hukum dan buruknya tatakelola manajemen aset publik. Sejauh penelusuran peneliti, masih terbatas studi atau kajian tentang manajemen aset strategik BLU berdasarkan perspektif kepemimpinan dan fungsi organisasi berbasis ISO 55000 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor : 202/PMK.05/2022 tahun 2022 tentang Pedoman Pengelolaan BLU. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif analisis tematik didukung deskriptif kualitatif dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Alasan utama memilih pendekatan fenomenologi adalah tujuan penelitian ini mencoba untuk melakukan kajian secara intensif terhadap fenomena manajemen aset strategik dan kepemimpinan BLU Pendidikan vokasi Kementerian Perhubungan. Metode fenomenologi dimaksudkan untuk menganalisis fenomena dan cara yang baik untuk mendefinisikan fenomena dan menyelidiki sebuah situasi sehingga diperoleh pemahaman tentang situasi tersebut. Data dianalisis dengan Teknik analisis interaktif yang bergerak dari pengumpulan data, kondensasi data, tampilan data, hingga penarikan kesimpulan/verifikasi.

            Hasil penelitian menemukan bahwa Pertama, berdasarkan analisis deskriptif kualitatif bahwa faktor kepemimpinan manajemen aset, budaya organisasi dan manajemen kompetensi adalah faktor yang sangat mempengaruhi kinerja manajemen aset dan profesionalisme pengelolaan aset. Kedua, budaya organisasi konvensional yang mendominasi dan kompetensi pegawai yang kurang mumpuni untuk mengoptimalisasi pemanfaatan aset yang dimiliki memberikan dampak yang kurang baik terhadap kinerja manajemen aset dan profesionalisme pengelolaan aset. Hal ini mengakibatkan organisasi BLU Pendidikan vokasi tidak bisa memberikan kinerja terbaiknya dalam mengelola aset yang dimiliki. Ketiga, lingkungan kelembagaan organisasi BLU Pendidikan vokasi  belum memiliki pandangan yang sama terhadap fleksibilitas BLU berdasarkan Permenkeu nomor : 202/PMK.05/2022 tahun 2022 tentang Pedoman Pengelolaan BLU sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda dan menghambat ide-ide kreatif dan inovatif yang diusulkan pada saat pembahasan Rencana Strategis Bisnis (RSB) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) bersama pembina teknis dan dewan pengawas (Dewas). Keempat, tata Kelola manajemen aset yang kurang optimal dan belum terintegrasi menyebabkan data dan informasi pengelolaan aset tidak jelas dan tidak bisa didapatkan secara realtime sehingga menyulitkan dalam proses monitoring dan evaluasinya serta perencanaan pemeliharaan dan  manajemen pengadaan dan rantai pasoknya. Kelima, kepemimpinan manajemen aset BLU yang belum memiliki kompetensi yang cukup dan belum terbentuknya budaya organisasi yang kolaboratif dan inovatif serta kompetensi SDM yang mumpuni sesuai bidang yang dibutuhkan menyebabkan manajemen aset strategik organisasi BLU Pendidikan vokasi Kementerian Perhubungan belum bisa memberikan kinerja yang optimal.

Strategic asset management and leadership of the Ministry of Transportation's Vocational Education BLU are interesting to study from an HR and organizational perspective based on ISO 55000 and Minister of Finance Regulation number 202/PMK.05/2022 of 2022 concerning BLU Management Guidelines. The root of the problem of non-optimal strategic asset management is the weak capability of BLU leaders, the traditional organizational culture and the lack of employee competence which results in the non-optimality of asset management strategies. Previous studies tend to look at the phenomenon of asset management from an economic, legal and poor governance approach to public asset management. As far as the researcher's search goes, there are still limited studies or studies on BLU strategic asset management based on the perspective of leadership and organizational functions based on ISO 55000 and the Minister of Finance Regulation number: 202/PMK.05/2022 of 2022 concerning BLU Management Guidelines.This research was designed with a qualitative approach of thematic analysis supported by descriptive qualitative using Analytical Hierarchy Process (AHP). The main reason for choosing a phenomenological approach is that the purpose of this research tries to conduct an intensive study of  the phenomenon of strategic asset management and leadership of the Ministry of Transportation's Vocational Education BLU. The phenomenological method is intended to analyze phenomena and a good way to define phenomena and investigate a situation so that an understanding of the situation is obtained. Data were analyzed using interactive analysis technique that moves from data collection, data condensation, data display, to conclusion drawing/verification.

The results of the study found that First, based on qualitative descriptive analysis that asset management leadership factors, organizational culture and competency management are factors that greatly affect asset management performance and asset management professionalism. Second, the conventional organizational culture that dominates and the competence of employees who are less qualified to optimize the utilization of assets owned have an unfavorable impact on asset management performance and asset management professionalism. This results in the vocational education BLU organization not being able to provide its best performance in managing its assets. Third, the institutional environment of the vocational education BLU organization does not have the same view of the flexibility of BLU based on Permenkeu number: 202/PMK.05/2022 of 2022 concerning BLU Management Guidelines, causing different perceptions and hampering creative and innovative ideas proposed during the discussion of the Business Strategic Plan (RSB) and Budget Business Plan (RBA) with the technical supervisor and supervisory board (Dewas). Fourth, asset management governance that is less than optimal and not yet integrated causes data and information on asset management to be unclear and cannot be obtained in real time, making it difficult to monitor and evaluate the process as well as maintenance planning and procurement management and its supply chain. Fifth, the leadership of BLU asset management that does not have sufficient competence and has not formed a collaborative and innovative organizational culture and qualified HR competencies according to the required fields causes the strategic asset management of the Ministry of Transportation's vocational education BLU organization to not be able to provide optimal performance.

Kata Kunci : Strategi manajemen aset, kepemimpinan, organisasi, BLU Pendidikan vokasi, SDM dan organisasi, Deskriptif Kualitatif, Analisis Tematik

  1. S3-2024-468390-abstract.pdf  
  2. S3-2024-468390-bibliography.pdf  
  3. S3-2024-468390-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2024-468390-title.pdf