Analisis Pemanfaatan KOJEK Dalam Meningkatkan Kendali Biaya Di Rumah Sakit Dr. Oen Kandang Sapi Solo
Inge Lusiana Pekerto, 1. Dr. Mardhani Riasetiawan, S.E., Akt., M.T. 2. Dr. dr. Andreasta Meliala, Dipl.PH., M.Kes., MAS
2024 | Tesis | MAGISTER KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN
Latar belakang: Pelayanan pasien JKN
dengan pembayaran sistem paket sesuai dengan klaim INACBG’s membuat rumah sakit
harus memberikan pelayanan yang efektif dan efisien agar biaya perawatan
seimbang dengan klaim INACBG’s, sehingga dibutuhkan pembentukan TKMKB.
Semakin meningkatnya jumlah pasien JKN, sedangkan SDM TKMKB terbatas,
menyebabkan dibutuhkan sistem informasi yang mempermudah TKMKB dalam
pengendalian biaya. Dengan dibantu tim IT rumah sakit, maka dibuatlah sistem
informasi KOJEK yang mempermudah TKMKB dalam pemantauan biaya perawatan dan
klaim INACBG’s, apabila biaya perawatan melebihi klaim INACBG’s
maka TKMKB akan berkoordinasi dengan MPP untuk mengevaluasi pelayanan apakah
sudah sesuai dengan Clinical Pathway.
Metode: Rancangan penelitian ini
adalah studi kasus. Dilakukan penelitian kuantitatif dengan cara membandingkan
biaya rata – rata perawatan pasien JKN, sampel diambil dari pasien yang dirawat
dengan INACBG’s yang sama dan kelas perawatan yang sama, sebelum adanya
KOJEK dan setelah adanya KOJEK. Dilanjutkan dengan Focus Group Discussion
antara bagain keperawatan, TKMKB, Manajer Pelayanan Pasien, Casemix dan IT
rumah sakit.
Hasil: Terdapat perbedaan yang
signifikan terhadap rata – rata biaya dalam perawatan pasien JKN dengan INACBG’s
yang sama dan kelas perawatan yang sama antara sebelum dan setelah adanya
KOJEK, terutama terhadap kasus penyakit yang selama ini belum berjalan dengan
baik kepatuhan PPA terhadap Clinical Pathway. Beberapa kendala yang
masih ditemukan yaitu penginputan koding di KOJEK masih secara manual, Clinical
Pathway terpisah dengan KOJEK. Strategi yang akan diambil untuk
meningkatkan penggunaan dan pengembangan sistem informasi KOJEK, yaitu
mengintegrasikan KOJEK dengan E Klaim dan Clinical Pathway
Kesimpulan: Terdapat penurunan biaya
yang signifikan dalam perawatan pasien dengan pembiayaan JKN di RS Dr. OEN
KANDANG SAPI SOLO, sesudah diimplementasikannya KOJEK. KOJEK memudahkan Tim
Kendali Mutu Kendali Biaya untuk memantau dan mengendalikan biaya perawatan
pasien JKN, disesuaikan dengan Clinical
Pathway, walaupun masih adanya kendala belum praktis proses
penggunaan KOJEK. Ke depan masih diperlukan upaya untuk mengembangkan KOJEK
dalam membantu kendali biaya di rumah sakit.
Background: The service for JKN
patients with a package payment system according to INACBG's claims requires
hospitals to provide effective and efficient services so that treatment costs
are balanced with INACBG's claims, necessitating the formation of TKMKB. With
the increasing number of JKN patients and the limited TKMKB human resources, an
information system is needed to facilitate TKMKB in cost control. With the
assistance of the hospital's IT team, the KOJEK information system was created
to facilitate TKMKB in monitoring treatment costs and INACBG's claims. If
treatment costs exceed INACBG's claims, TKMKB will coordinate with MPP to
evaluate whether the services are in accordance with the Clinical Pathway.
Methods: The design of this research
is a case study. Quantitative research was conducted by comparing the average
treatment costs of JKN patients. Samples were taken from patients treated with
the same INACBG’s and the same treatment class, before and after the
implementation of KOJEK. This was followed by a Focus Group Discussion
involving the nursing department, TKMKB, Patient Service Manager, Casemix, and
the hospital's IT team.
Results: There is a significant
difference in the average costs of treating JKN patients with the same INACBG's
and treatment class before and after the implementation of KOJEK, especially in
cases where compliance with the Clinical Pathway had not been well followed.
Some challenges that still exist include the manual entry of coding in KOJEK
and the separation of the Clinical Pathway from KOJEK. Strategies to enhance
the use and development of the KOJEK information system include integrating
KOJEK with E-Claim and the Clinical Pathway.
Conclusion: There has been a
significant reduction in treatment costs for patients financed by JKN in the
Dr, Oen Kandang Sapi Solo hospital after the implementation of KOJEK. KOJEK
facilitates the Cost Control Quality Control Team in monitoring and controlling
the treatment costs of JKN patients, in accordance with the Clinical Pathway,
although there are still challenges in the practical use of KOJEK. Moving
forward, efforts are still needed to develop KOJEK to assist in cost control in
the hospital.
Kata Kunci : Sistem informasi KOJEK, kendali mutu kendali biaya, klaim INACBG’s, strategi pengembangan