Aktualisasi Diri: Suara Siswa Cerdas Istimewa Di Sekolah Inklusi
GHAZALI FAUZIA, Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D
2024 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi
Penyelenggaraan
pendidikan inklusi diharapkan dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan siswa,
termasuk siswa cerdas istimewa, yaitu agar siswa dapat mengaktualisasikan
dirinya di sekolah. Namun sayangnya tidak semua siswa cerdas istimewa dapat
mengaktualisasikan diri mereka dengan maksimal, meskipun telah bersekolah di
sekolah inklusi yang seharusnya dapat mendukung mereka. Penelitian ini
merupakan penelitian partisipatori yang bertujuan untuk mendapatkan
gambaran aktualisasi diri siswa cerdas istimewa yang bersekolah di sekolah
inklusi. Partisipan dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa cerdas istimewa
yang duduk di bangku sekolah menengah atas. Proses penggalian data dilakukan
dengan menggunakan metode photovoice. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
partisipan telah berusaha mencapai aktualisasi diri dan berkeinginan untuk
menjadi individu sesuai dengan harapannya. Keberadaan hambatan berusaha
dihadapi secara mandiri, maupun dengan meminta masukan dari pihak lain dan
dengan berbagai strategi lainnya yang mampu dilakukan oleh partisipan.
Dibutuhkan dukungan dan komunikasi dua arah yang lebih baik antara partisipan
dan orang tua agar partisipan lebih dapat menyampaikan keinginannya secara
terbuka dan mencapai hal yang diinginkan. Pihak sekolah dapat lebih memahami
kebutuhan siswa secara spesifik, sehingga dapat memberikan dukungan dan
pendampingan kepada siswa sesuai dengan kebutuhannya.
The
implementation of inclusive education can facilitate various student needs,
including gifted student, so that all of the students can actualize themselves
at school. Unfortunately, not all special intelligent students can actualize
themselves to the maximum, even though they have attended an inclusive school.
This research is participatory action research which aims to get a picture of
the self-actualization of gifted students who attend inclusive schools.
Participants in this research were 3 gifted students in high school. The
results showed that participants had trying to achieve self-actualization and
wanted to become individuals according to their expectations. They try to face
the existence of obstacles independently, or by asking for input from other
parties and using various other strategies that the participants are able to
use. The data collection process is carried out using photovoice. Better
support and two-way communication between participants and parents is needed so
that participants can express their wishes openly and achieve what they want.
The school can better understand the specific needs of students, so that they
can provide support and assistance to students according to their needs.
Kata Kunci : Siswa cerdas istimewa, aktualisasi diri, sekolah inklusi