Laporkan Masalah

Aktualisasi Diri: Suara Siswa Cerdas Istimewa Di Sekolah Inklusi

GHAZALI FAUZIA, Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D

2024 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Penyelenggaraan pendidikan inklusi diharapkan dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan siswa, termasuk siswa cerdas istimewa, yaitu agar siswa dapat mengaktualisasikan dirinya di sekolah. Namun sayangnya tidak semua siswa cerdas istimewa dapat mengaktualisasikan diri mereka dengan maksimal, meskipun telah bersekolah di sekolah inklusi yang seharusnya dapat mendukung mereka. Penelitian ini merupakan penelitian partisipatori yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran aktualisasi diri siswa cerdas istimewa yang bersekolah di sekolah inklusi. Partisipan dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa cerdas istimewa yang duduk di bangku sekolah menengah atas. Proses penggalian data dilakukan dengan menggunakan metode photovoice. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan telah berusaha mencapai aktualisasi diri dan berkeinginan untuk menjadi individu sesuai dengan harapannya. Keberadaan hambatan berusaha dihadapi secara mandiri, maupun dengan meminta masukan dari pihak lain dan dengan berbagai strategi lainnya yang mampu dilakukan oleh partisipan. Dibutuhkan dukungan dan komunikasi dua arah yang lebih baik antara partisipan dan orang tua agar partisipan lebih dapat menyampaikan keinginannya secara terbuka dan mencapai hal yang diinginkan. Pihak sekolah dapat lebih memahami kebutuhan siswa secara spesifik, sehingga dapat memberikan dukungan dan pendampingan kepada siswa sesuai dengan kebutuhannya.

The implementation of inclusive education can facilitate various student needs, including gifted student, so that all of the students can actualize themselves at school. Unfortunately, not all special intelligent students can actualize themselves to the maximum, even though they have attended an inclusive school. This research is participatory action research which aims to get a picture of the self-actualization of gifted students who attend inclusive schools. Participants in this research were 3 gifted students in high school. The results showed that participants had trying to achieve self-actualization and wanted to become individuals according to their expectations. They try to face the existence of obstacles independently, or by asking for input from other parties and using various other strategies that the participants are able to use. The data collection process is carried out using photovoice. Better support and two-way communication between participants and parents is needed so that participants can express their wishes openly and achieve what they want. The school can better understand the specific needs of students, so that they can provide support and assistance to students according to their needs.

Kata Kunci : Siswa cerdas istimewa, aktualisasi diri, sekolah inklusi

  1. S2-2024-466708-abstract.pdf  
  2. S2-2024-466708-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-466708-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-466708-title.pdf