Laporkan Masalah

PENGALAMAN IBU TUNGGAL DALAM MENGASUH ANAK USIA PRASEKOLAH: SEBUAH PENDEKATAN FENOMENOLOGI

ZAHRAH NOVIANTI, Supra Wimbarti, M.Sc., Ph.D.

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Secara umum, mengasuh anak yang berusia prasekolah adalah tantangan bagi semua ibu. Namun, tantangan tersebut menjadi lebih besar bagi ibu tunggal yang harus menjalankan peran ganda, yaitu sebagai ibu yang mengasuh anak sekaligus kepala keluarga. Dengan menggunakan pendekatan descriptive phenomenology, penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman ibu tunggal dalam mengasuh anak usia prasekolah dan pola asuh yang mereka terapkan untuk anaknya yang berusia 3 – 5 tahun. Colaizzi’s seven step method digunakan untuk mengekstraksi, mengorganisasi, dan menganalisis data aktual dalam penelitian ini. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur dengan melibatkan tiga ibu tunggal dengan rentang usia 26 – 33 tahun yang sedang mengasuh dan memiliki pengalaman mengasuh anak usia prasekolah. Temuan dari penelitian ini digambarkan dalam empat tema utama, yaitu: kompleksitas peran ibu tunggal; kondisi ekonomi dan finansial; strategi penguatan diri; serta pola asuh ibu tunggal. Hasil penelitian ini dapat menjadi tambahan informasi bagi peneliti, praktisi sosial, dan penyusun kebijakan mengingat masih terbatasnya penelitian dengan topik yang serupa di Indonesia. 

In general, raising preschool-aged children is a challenge for all mothers. However, these challenges are getting bigger for single mothers who carry out dual roles, namely as a mother who cares for children and as head of the family. This research used a descriptive phenomenology approach that aims to understand the experiences of single mothers in caring for preschool-aged children and the parenting patterns they apply to their children aged 3 - 5 years. Colaizzi’s seven step method was used to extract, organize, and analyze actual data in this research. This qualitative research was conducted using semi-structured interviews involving three single mothers with an age range of 26 – 33 years who are caring for and have experience caring for preschool-aged children. The findings of this study are described in four main themes, namely: the complexity of the role of single mothers; economic and financial conditions; self-strengthening strategies; and parenting patterns of single mothers. The results of this research can provide additional information for researchers, social practitioners, and policymakers, considering that there is still limited research on similar topics in Indonesia.

Kata Kunci : Ibu tunggal, anak usia prasekolah, pengalaman mengasuh, pola asuh

  1. S1-2024-462660-abstract.pdf  
  2. S1-2024-462660-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-462660-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-462660-title.pdf