PENGALAMAN IBU TUNGGAL DALAM MENGASUH ANAK USIA PRASEKOLAH: SEBUAH PENDEKATAN FENOMENOLOGI
ZAHRAH NOVIANTI, Supra Wimbarti, M.Sc., Ph.D.
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Secara
umum, mengasuh anak yang berusia prasekolah adalah tantangan bagi semua ibu.
Namun, tantangan tersebut menjadi lebih besar bagi ibu tunggal yang harus
menjalankan peran ganda, yaitu sebagai ibu yang mengasuh anak sekaligus kepala
keluarga. Dengan menggunakan pendekatan descriptive phenomenology,
penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman ibu tunggal dalam mengasuh
anak usia prasekolah dan pola asuh yang mereka terapkan untuk anaknya yang
berusia 3 – 5 tahun. Colaizzi’s seven step method digunakan untuk
mengekstraksi, mengorganisasi, dan menganalisis data aktual dalam penelitian
ini. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan menggunakan wawancara semi
terstruktur dengan melibatkan tiga ibu tunggal dengan rentang usia 26 – 33
tahun yang sedang mengasuh dan memiliki pengalaman mengasuh anak usia
prasekolah. Temuan dari penelitian ini digambarkan dalam empat tema utama,
yaitu: kompleksitas peran ibu tunggal; kondisi ekonomi dan finansial; strategi
penguatan diri; serta pola asuh ibu tunggal. Hasil penelitian ini dapat menjadi
tambahan informasi bagi peneliti, praktisi sosial, dan penyusun kebijakan
mengingat masih terbatasnya penelitian dengan topik yang serupa di Indonesia.
In
general, raising preschool-aged children is a challenge for all mothers.
However, these challenges are getting bigger for single mothers who carry out
dual roles, namely as a mother who cares for children and as head of the
family. This research used a descriptive phenomenology approach that aims to
understand the experiences of single mothers in caring for preschool-aged
children and the parenting patterns they apply to their children aged 3 - 5
years. Colaizzi’s seven step method was used to extract, organize, and analyze
actual data in this research. This qualitative research was conducted using
semi-structured interviews involving three single mothers with an age range of
26 – 33 years who are caring for and have experience caring for preschool-aged
children. The findings of this study are described in four main themes, namely:
the complexity of the role of single mothers; economic and financial
conditions; self-strengthening strategies; and parenting patterns of single
mothers. The results of this research can provide additional information for
researchers, social practitioners, and policymakers, considering that there is
still limited research on similar topics in Indonesia.
Kata Kunci : Ibu tunggal, anak usia prasekolah, pengalaman mengasuh, pola asuh