Laporkan Masalah

Personal Growth Guru dalam Menerapkan Universal Design for Learning di SMA Tumbuh

SHAFIRA ROSRIMAYLINA, Elga Andriana S.Psi., M.Ed., Ph.D.

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Universal Design for Learning (UDL) merupakan framework pembelajaran yang menyertakan panduan khusus dalam upayanya mengakomodasi seluruh siswa dengan beragam karakteristik. Di Indonesia, penerapan dan penelitian mengenai UDL masih sangat minim dan tergolong baru. Karena konsep UDL yang masih baru, guru sebagai seorang fasilitator bagi peserta didik memerlukan keterampilan personal growth dalam transisi menerapkan UDL dalam proses mengajarnya agar pembelajaran dapat berlangsung secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana personal growth milik guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis UDL. Metode yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi dengan pengambilan data berdasarkan wawancara semi-terstruktur. Partisipan terdiri dari empat guru SMA Tumbuh yang telah menerapkan UDL dalam pembelajarannya selama minimal dua tahun. Hasil penelitian menunjukkan proses personal growth guru terjadi melalui pengalaman keterbukaan diri, pengalaman perubahan diri, pengalaman mengajar yang intensional, dan perubahan emosional. Penelitian ini berimplikasi pada pelatihan UDL yang memperhatikan aspek personal growth dan pengadaan workshop berbasis simulasi sebagai implementasi learning by doing.

Universal Design for Learning (UDL) is a framework that provides specific guidelines to support the learning needs of all students with diverse characteristics. In Indonesia, the application and research on UDL is still minimal and relatively new. As the concept of UDL is still new, teachers need to develop personal skills to effectively implement UDL in their teaching process to facilitate optimal learning. This study aims to describe the personal growth of teachers in implementing UDL-based learning. The study utilizes phenomenological qualitative methods with data collection based on semi-structured interviews. The participants include four high school teachers who have implemented UDL in their teaching for at least two years. The results of the study indicate that the teachers' personal growth process occurs through experiences of self-openness, experiences of self-change, intentional teaching experiences, and emotional changes. This research suggests the need for UDL training that focuses on personal growth aspects and the provision of simulation-based workshops to support hands-on learning experiences.

Kata Kunci : personal growth, guru, Universal Design for Learning (UDL)

  1. S1-2024-462651-abstract.pdf  
  2. S1-2024-462651-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-462651-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-462651-title.pdf