Analisis Faktor-Faktor Kritis Keberhasilan Proyek Implementasi Sistem Pemesanan Tiket Online pada PT Taman Impian Jaya Ancol
Fauzan Farhana Syarief, Luluk Lusiantoro, S.E., M.Sc., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Perkembangan digitalisasi memaksa perusahaan dalam berbagai sektor untuk melakukan pembaharuan sistem operasional agar lebih efisien terhadap kebutuhan pasar. Industri pariwisata, salah satu kontributor utama terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, juga menghadapi tekanan ini. Perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia telah meningkatkan permintaan akan kemudahan dalam melakukan transaksi online, termasuk untuk pembelian tiket atraksi wisata. Dengan demikian, terdapat potensi besar untuk mengadopsi sistem pemesanan tiket online di industri pariwisata.
PT Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu perusahaan dalam industri pariwisata yang telah mengadopsi sistem pemesanan tiket online sebagai bagian dari upaya meningkatkan pengalaman pelanggan. Implementasi sistem pemesanan tiket ini bertujuan untuk memudahkan proses pembelian tiket masuk di kompleks Ancol. Pada tahun 2021, terdapat peningkatan jumlah pengguna baru hingga 242.011 atau 284,50?ri tahun 2020. Hal tersebut menunjukkan keberhasilan implementasi sistem untuk menarik minat pengguna. Namun, memiliki risiko potensial yang perlu dipertimbangkan.
Penelitian ini membahas mengenai kriteria kesuksesan proyek implementasi sistem dan faktor-faktor kritis kesuksesan yang mempengaruhi keberhasilan proyek tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara dengan pertanyaan yang dikembangkan oleh Caralli et al. (2004) serta analisis data sekunder dari perusahaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kritis kesuksesan (CSFs).
Hasil penelitian menunjukkan kriteria kesuksesan proyek mencakup tiga aspek, yaitu waktu, anggaran, dan mutu. Adapun faktor-faktor kritis keberhasilan yang mempengaruhi kesuksesan proyek telah diidentifikasi meliputi 6 faktor CSFs atau FKK, yakni (1) Dokumentasi dan pengembangan, (2) Penjadwalan, (3) Tim proyek, (4) Capaian proyek implementasi, (5) Kemampuan adaptasi, dan (6) Komunikasi.
The development of digitalization is forcing companies in various sectors to update operational systems to make them more efficient in meeting market needs. The tourism industry, one of the main contributors to Indonesia's economic growth, is also facing this pressure. Changes in the lifestyle of Indonesian people have increased demand for convenience in carrying out online transactions, including purchasing tickets for tourist attractions. Thus, there is great potential for adopting online ticket booking systems in the tourism industry.
PT Taman Impian Jaya Ancol is one of the companies in the tourism industry that has adopted an online ticket booking system as part of efforts to improve customer experience. The implementation of this ticket ordering system aims to facilitate the process of purchasing entrance tickets at the Ancol complex. In 2021, there was an increase in the number of new users to 242,011 or 284.50% from 2020. This shows the success of the system implementation to attract user interest. However, it has potential risks that need to be considered.
This research discusses the success criteria for system implementation projects and the critical success factors that influence the success of the project. The research method used is a qualitative descriptive approach through interviews with questions developed by Caralli et al. (2004) as well as analysis of secondary data from companies to identify critical success factors (CSFs).
The research results show that the project success criteria include three aspects, namely time, budget and quality. The critical success factors that influence project success have been identified including 6 CSFs or FKK factors, namely (1) Documentation and development, (2) Scheduling, (3) Project team, (4) Implementation project achievements, (5) Adaptation capacity, and (6) Communication.
Kata Kunci : digitalisasi, industri pariwisata, sistem pemesanan tiket online, PT Taman Impian Jaya Ancol, faktor kritis kesuksesan (CSFs), kriteria kesuksesan proyek