ANALISIS PENGARUH KECERDASAN BUDAYA DAN TOLERANSI AMBIGUITAS TERHADAP PERKEMBANGAN KEPEMIMPINAN (STUDI PADA PROGRAM IISMA)
Triska Widiassari, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Kepemimpinan adalah sebuah konsep yang berkembang terus dari masa kemasa, secara teoritis kemampuan kepemimpinan seseorang juga dipengaruhi oleh Kecerdasan budaya dan Toleransi ambiguitas individu tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh Kecerdasan budaya dan Toleransi ambiguitas terhadap kepemimpinan. Responden dari penelitian ini adalah peserta pendidikan khusus program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar -Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti). Peserta dari program ini memiliki latar belakang pendidikan sebagai mahasiswa semester akhir dari program Sarjana (S1) dan sekolah Vokasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yang digunakan di penelitian ini adalah analisis regresi dan ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan budaya dan Toleransi ambiguitas memberikan pengaruh terhadap kepemimpinan serta dengan latar belakang pendidikan yang berbeda pada responden terdapat perbedaan skor dari ketiga variabel tersebut.
Kata kunci: Kepemimpinan, Kecerdasan budaya, Toleransi ambiguitas, latar belakang pendidikan
Leadership is a concept that continues to develop over time, theoretically a person's leadership ability is also influenced by the individual's Cultural Intelligence and Tolerance of Ambiguity. The aim of this research is to identify the influence of Cultural Intelligence and Tolerance of Ambiguity on leadership. This research’s respondents were participants in the special education program Indonesian international Student Mobility Awards (IISMA) which is part of the Merdeka Belajar -Kampus Merdeka program, Ministry of Research, Technology and Higher Education. Participants in this program were final semester students of a Bachelor's (S1) degree and vocational school educational background. The methods used to analyze the data used in this research were regression analysis and ANCOVA. This research’s results are Cultural Intelligence and Tolerance of Ambiguity have an influence on leadership and with different educational backgrounds the respondents have different scores for these three variables.
Keywords: Leadership, Cultural Intelligence, Tolerance of Ambiguity, educational background,
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kecerdasan budaya, Toleransi ambiguitas, latar belakang pendidikan