Laporkan Masalah

Permasalahan Usaha dan Strategi Perajin Jadah Tempe Skala Mikro Dari Kaliurang Dalam Memasarkan Produksinya

Kartika Rini, Prof. Dr. Bambang Hudayana, M.A.

2024 | Tesis | S2 Antropologi

Jadah tempe merupakan maskot oleh-oleh yang hanya ditemukan di kawasan wisata Kaliurang. Namun saat ini makanan khas ini banyak dijajakan di luar Kaliurang. Tujuannya adalah ingin mencari penyebab jadah tempe diperjualbelikan di luar kawasan wisata tersebut dan bagaimana strategi yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan prespektif antropologi ekonomi aliran formalis dengan metode kualitatif seperti wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi.

Hasilnya mengungkapkan bahwa terdapat permasalahan akibat persaingan usaha yang ketat. Selain itu permasalahan khas yakni faktor geografis mengambil peran penting dan dapat menyebabkan berkurangnya sumber pendapatan. Rasionalisasi terlihat dalam menentukan strategi yang diambil. Menyebar menjadi strategi utama untuk memencarkan resiko usaha yang terbukti efektif memperluas pangsa pasar, meningkatkan pendapatan dan membuat usaha tersebut tetap berkesinambungan.



Jadah tempe is an iconic souvenir that is only found in the Kaliurang tourist area. However, currently this typical food is widely sold outside Kaliurang. The aim is to find out the reasons why tempe jadah is bought and sold outside the tourist area and what strategies are used. This research uses a formalist economic anthropology perspective with qualitative methods. Such as in-depth interviews, participant observation and documentation.

The results reveal that there are problems due to intense business competition. Apart from that, a typical problem is that geographical factors play an important role and can cause a reduction in sources of income. Rationalization is seen in determining the strategy taken. Spread is the main strategy for dispersing business risks which has proven to be effective in expanding market share, increasing income and making the business sustainable.


Kata Kunci : Jadah Tempe Kaliurang, Pariwisata, Ekonomi Moral-Rasional, Permasalahan Usaha, Strategi Pemasaran

  1. S2-2024-508069-abstract.pdf  
  2. S2-2024-508069-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-508069-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-508069-title.pdf