Laporkan Masalah

Perancangan Aplikasi Teledentistry di Klinik Dokter Gigi

Giovanni Haramain BIladi, Ir. Adhistya Erna Permanasari, S.T, M.T, Ph.D, IPM; Dr. dr. Guardian Yoki Sanjaya, M.Health.Info

2024 | Tesis | MAGISTER KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN

Pendahuluan : Proporsi masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia tinggi, namun yang mendapatkan pelayanan dari tenaga medis gigi dan mulut masih rendah, sehingga diperlukan suatu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Teledentistry dapat meningkatkan aksesibilitas pelayanan gigi dengan mengurangi jarak tempuh yang diperlukan, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil dan rentan. 

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype aplikasi teledentistry di Klinik Dokter Gigi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan gigi dan mulut. 

Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan action research. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan action research. Lokasi penelitian ini dilakukan di Klinik Dokter Gigi Ohana Dental Care dengan melibatkan dokter gigi, admin klinik, dan pasien.

Hasil : Pada penelitian ini didapatkan hasil pada tahap diagnosis dilakukan identifikasi kebutuhan dengan subjek wawancara yang terdiri dari dokter gigi dan admin klinik menginginkan aplikasi teledentistry berbasis web yang sederhana, mudah dipahami, dan tidak menambah beban kerja. Kemudian dilakukan perancangan prototipe aplikasi berdasarkan analisis kebutuhan pengguna, ujicoba prototipe aplikasi pada pengguna. Pada tahap evaluasi aplikasi dengan kuesioner SUS didapatkan hasil skor rata-rata SUS sebesar 86.3 (Excellent).

Kesimpulan : Penggunaan aplikasi teledentistry klinik dokter gigi Ohana Dental Care menunjukkan kepuasan dari pengguna, dalam hal ini pasien yang dapat dinilai dari tingkat usabilitas yang sangat baik, namun aplikasi ini masih mempunyai fitur yang terbatas sehingga dibutuhkan pengembangan lebih lanjut untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang lebih optimal.

Introduction: The prevalence of dental and oral health problems in Indonesia remains high, yet access to dental treatment is still low, so a solution is needed to overcome this problem. Teledentistry can increase the accessibility of dental services by reducing the distance required, especially for those living in remote and vulnerable areas.

Objective: This study aims to design a teledentistry application prototype at the Dentist Clinic to facilitate the community in accessing oral health services.

Methods: This type of research is qualitative research with an action research approach. This research was conducted with 4 stages of action research. The location of this research was Ohana Dental Care Dentist Clinic involving dentists, clinic admins, and patients.

Results: In this study, the results obtained at the diagnosis stage were identification of needs with interview subjects consisting of dentists and clinic admins wanting a web-based teledentistry application that is simple, easy to understand, and does not increase workload. Then the application prototype design is carried out based on the analysis of user needs, testing the application prototype on users. At the application evaluation stage with the SUS questionnaire, the SUS average score was 86.3 (Excellent).

Conclusion: The use of  teledentistry application in Ohana Dental Care Clinic shows satisfaction from users, in this case patients who can be assessed from a very good level of usability, but this application still has limited features so that further development is needed to provide more optimal oral health services.

Kata Kunci : teledentistry, prototype, aksesibilitas

  1. S2-2024-501294-abstract.pdf  
  2. S2-2024-501294-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-501294-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-501294-title.pdf