ANALISIS WACANA MULTIMODAL INDUSTRI KREATIF DALAM VIDEO PROFIL PERUSAHAAN SOLO TECHNO PARK
NABILA CAHYANING TYAS, Andri Handayani, S.S., M.A
2024 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS
Profil perusahaan digunakan untuk menyajikan profil perusahaan atau organisasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Pembuatan informasi dalam profil perusahaan penting untuk menyampaikan pesan perusahaan kepada publik. Manfaat memiliki profil perusahaan adalah karena kebutuhan promosi dan penyampaian informasi sebagai pengenalan terhadap pasar mereka. Hal ini dapat membuat audiens tertarik ketika membuat profil perusahaan. Salah satu bentuk profil perusahaan adalah video. Di era digital ini, orang mencari informasi perusahaan melalui internet dari sebuah situs web. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan hasil analisis pada video profil perusahaan yang memiliki subtitle bahasa Inggris dan tersedia di situs web Solo Techno Park. Penulis bermaksud untuk memberikan hasil analisis penggunaan video profil perusahaan dalam mengangkat isu-isu industri kreatif menggunakan pendekatan Multimodal Discourse Analysis (MDA). Penelitian ini menggunakan instrumen dari teori multimodal, yaitu tata bahasa visual, seperti yang dikemukakan oleh Kress dan van Leeuwen (1996 dan 2006). MDA digunakan untuk menganalisis penggunaan video profil perusahaan untuk mengangkat isu-isu industri kreatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cuplikan layar video profil perusahaan Solo Techno Park. Teks terjemahan dalam bahasa Inggris digunakan dalam video tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video tersebut menciptakan makna melalui tiga metafungsi Tata Bahasa Visual Kress dan van Leeuwen (2006) yaitu makna representasional, makna interaktif, dan makna komposisional. Produk industri kreatif berupa pengembangan game, fesyen, kriya, dan aplikasi ditampilkan melalui mode visual dan didukung oleh teks terjemahan dalam bahasa Inggris sehingga menghasilkan makna yang lebih lengkap dan signifikan dalam menyampaikan informasi tentang fasilitas secara informatif.
The company profile is used to present the profile of a firm or organization in order to serve the company’s purpose. The creation of information within the company profile is important to conveys the message of company towards the public. Benefits to have company profile is because the need of promotion and delivers the information as introduction towards their market. It can make the audience interested when making a company profile. One of the form company profile is video. In this digital era, people are looking for the company information through the internet from a website. This research aims to provide analysis results on company profile video that has English subtitles and is available on the Solo Techno Park website. The author intends to provide the results of an analysis of the use of company profile videos in raising creative industry issues using the Multimodal Discourse Analysis (MDA) approach. This research uses instruments from multimodal theory, namely visual grammar, as proposed by Kress and van Leeuwen (1996 and 2006). MDA is employed to analyzed the use of company profile video to raise creative industry issues. The data used in this research are the screen captures of company profile video of the Solo Techno Park. English subtitles used in the video. The research results show that the video creates a meaning through three meta-function of Visual Grammar by Kress and van Leeuwen (2006) which are the representational meaning, interactive meaning, and compositional meaning. Creative industry’s product of game development, fashion, crafts, and application involves showed through visual modes and supported by English subtitles and resulting the more complete and significant meaning in conveying information about facilities in an informative manner.
Keywords: Company Profile Video, Creative Industry, Multimodal, Website
Kata Kunci : Industri Kreatif, Multimodal, Video Profil Perusahaan, Website