Analisis Pergerakan Tanah Menggunakan Pendekatan Multi Metode Pada Jalan Provinsi Ponorogo-Pacitan Jawa Timur
SENOAJI WICAKSONO, Prof. Dr. Ir. Ahmad Rifa’i, MT.
2024 | Tesis | S2 Teknik Sipil
Bagian jalan Ponorogo-Pacitan di KM 226 telah mengalami pergerakan tanah yang signifikan
selama 12 tahun terakhir, yang berdampak negatif pada kegiatan ekonomi masyarakat
setempat, terutama selama musim hujan. Penelitian ini berusaha menjelaskan mekanisme
yang mendasari pergerakan longsor melalui pendekatan multi-metode terintegrasi.
Pendekatan multi-metode yang komprehensif dapat mengidentifikasi berbagai faktor
pergerakan tanah, verifikasi melalui berbagai studi, peningkatan studi prediktif, dan strategi
remediasi yang dilakukan untuk meminimalisir kejadian longsor.
Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini mencakup peta geologi, peta topografi,
dan data geolistrik, sementara sumber data primer meliputi pemetaan geologi, observasi
lapangan terperinci, dan investigasi tanah baik di lapangan maupun pengujian laboratorium.
Pemetaan geologi dan observasi detail dilakukan untuk melihat kondisi lereng dan jalan guna
mengetahui mekanisme dan faktor penyebab longsor. Pengujian data teknik tanah dilakukan
untuk melihat kondisi stratigrafi dan sifat tanah serta batuan penyusun lereng agar dapat
menilai kondisi lereng secara komprehensif. Pengujian parameter nilai fisik dari uji Standart
Penetration Test dan nilai Rock Quality Designation dilakukan untuk mengetahui nilai fisik
dari tanah penyusun lereng. Analisis uji tanah berdasarkan nilai ekspansifitas dan sifat
mekaniknya dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari parameter aktivitas lempung.
Kombinasi dari identifikasi pergerakan tanah multi metode tersebut dilakukan untuk
menentukan metode remedial yang efektif, sehingga tidak menimbulkan kerugian yang
berkelanjutan bagi masyarakat sekitar.
The Ponorogo-Pacitan road section at KM 226 has witnessed significant soil movement over
the past 12 years, adversely affecting the local community's economic activities, especially
during the rainy season. This research endeavors to elucidate the underlying mechanisms of
these movements through an integrated multi method approach, a comprehensive multi
method approach can identify multiple factors of land movement , cross verification through
different study, enhanced predictive study , and tailored remediation strategies.
Secondary data encompassed geological maps, topographic maps, and geoelectric data,
while primary data sources included geological mapping, detailed field observations, and soil
investigation in both field and laboratory testing. Field observations identified two
predominant types of soil movements which are a southward creeping motion and a
downward landslide causing road subsidence. Surface geological mapping revealed a
heterogeneous composition of soil materials, including altered clay, sandstone, and igneous
rocks. Geological structures within the study area predominantly exhibited normal faults with
a southwest-northeast orientation, intersected by left-slip faults trending northwest-southeast.
Geoelectric tests highlighted a pervasive low resistivity zone, indicative of increased water
permeability. Subsurface insights from soil investigation at four strategic points provided a
comprehensive understanding of rock layering and properties, further corroborated by Rock
Quality Designation (RQD) and Standard Penetration Test (SPT) data.
This holistic approach ensures a thorough investigation of the complex soil movement
phenomena, offering insights crucial for effective mitigation and sustainable solutions.
Moreover, the implementation of this study will be used to analyze the slope stability and
landslide mechanism using numerical calculations using two-dimensional finite element
analysis to ensure the mechanism of soil movement across the multi method approach.
Kata Kunci : mekanisme longsor,musim hujan, zona sesar , aktifitas lempung