Strategi Pengembangan Usaha Tani Jamur di Sanggar Tani Media Agro Merapi
Hasni Aghnia Umroti, Sugiyarto, S.P., M.Sc., Prof. Dr. Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, S.U
2024 | Skripsi | SOS.EK. PERTANIAN (AGROBISNIS)
Jamur merupakan komoditas agribisnis yang sangat berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu 1) merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha di Sanggar Tani Media Agro Merapi; 2) merumuskan prioritas strategi yang dapat diterapkan di Sanggar Tani Media Agro Merapi. Sanggar Tani Media Agro Merapi berada di Grogol, Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman yang ditentukan secara purposive. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, IFE dan EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Berdasarkan hasil penelitian, alternatif strategi yang dapat diterapkan yaitu: (i) memperluas pangsa pasar dengan merambah ke hotel, restoran dan kafe serta toko sayur modern dengan mengoptimalkan relasi pasar, dan (ii) mengembangkan produk baru dengan kemasan yang menarik. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa mengembangkan produk baru dengan kemasan yang menarik dapat menjadi prioritas utama dapat diterapkan oleh Sanggar Tani Media Agro Merapi.
Mushroom is a commodity which has great potential to be develop in Indonesia. The objectives of the research are 1) to formulate the alternative strategies of mushroom farming in Sanggar Tani Media Agro Merapi; 2) to formulate the prioritized strategy development of mushroom farming in Sanggar Tani Media Agro Merapi. Sanggar Tani Media Agro Merapi which located at Grogol, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman is chosen purposively as the location of the research. The analysis methods are descriptive qualitative, IFE and EFE, IE, SWOT, and QSPM were employed in the analysis. Based on the analysis, the alternative strategies that could be implemented are: (i) expanding market to hotel, restaurant and café, as well as, modern market by optimizing marketing relationship, and (ii) developing new product with attractive packaging. In conclusion, the second strategy of developing an innovation on new product, packaging should be set as top priority by Sanggar Tani Media Agro Merapi.
Kata Kunci : jamur, strategi, SWOT, QSPM