Representasi dan Negosiasi Perempuan Subaltern Jawa dalam Novel Lebih Putih Dariku Karya Dido Michielsen
Abdul Jabbar Pati B., Dr. Sudibyo, M.Hum.
2024 | Tesis | S2 Sastra
Penelitian akan menganalisis novel Lebih Putih Dariku (LPD)
karya Dido Michielsen, secara menyeluruh narasi LPD memusatkan perhatian
pada pengalaman perempuan Jawa dan kehidupan sulit seorang ‘nyai’ di
lingkungan keraton dan kolonialisme Belanda (di Hindia Belanda). LPD
sendiri ditulis berdasarkan perpsektif perempuan dengan tema pencarian posisi,
hasrat, dan identitas melalui penggambaran tokoh Piranti/Isah. Karena merupakan
anak luar nikah seorang bupati yang tidak ingin mengakui ibunya sebagai selir
membuatnya menempati posisi terendah dalam hieraki dunia keraton. Keadaan
tersebut mendasari keinginannya untuk melarikan diri dan menjadi ‘nyai’
seorang periwra Belanda, akan tetapi realitas kolonial tidak seperti yang
dibayangkan Piranti/Isah.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana
representasi perempuan subaltern Jawa dalam lingkungan keraton dan kolonialisme
Belanda (di Hindia Belanda), serta bagaimana bentuk negosiasi perempuan
subaltern Jawa dalam lingkungan keraton dan kolonialisme (di Hindia Belanda)
yang tergambarkan dalam novel LPD.
Penelitian ini melihat dalam Perspektif Feminisme
Poskolonial dengan menggunakan teori subaltern Gayatri Chakravorty
Spivak. Metode analisis data dalam penelitian dilakukan dengan pembacaan
dekonstruksi Derrida, yang akan menampilkan serangkaian
oposisi biner yang menampilkan posisi superior dan inferior/pusat dan pinggiran
sehingga memperlihatkan subalternitas perempuan. Langkah selanjutnya
menguraikan bentuk-bentuk negosiasi atas posisi subaltern-nya sebagai
bagian dari subjektivitas perempuan Jawa (pribumi) baik di lingkungan keraton
dan kolonialisme Belanda (di Hindia Belanda), langkah ini akan membalikan
oposisi biner sebagai bentuk dekonstruksi atas narasi LPD.
Hasil
penelitian ini memperlihatkan beberapa oposisi seperti Putri Sultan dan Putri Abdi
Dalem, Laki-laki Belanda (totok) dan Perempuan Jawa (pribumi), Perempuan
Berdarah campuran (Indo) dan Perempuan Jawa (pribumi), Budaya Barat dan Budaya
Timur, Siang dan Malam, Kota dan Desa secara keseluruhan oposisi tersebut
memperlihatkan subalternitas perempuan Jawa. Adapun bentuk negosiasi yang
dilakukan seperti: upaya
menyetarakan status sosial, melarikan diri dari ruang keraton untuk menjadi
subjek yang bebas, menegosiasikan identitas diri dan seksual, nyai
sebagai agen perubahan budaya masyarakat Jawa yang modernis, melegitimasi
status ibu di ruang keluarga dengan cara melahirkan anak, serta menuliskan
riwayat hidupnya.
The
research will analyse the novel Lebih Putih Dariku (LPD) by Dido Michielsen.
The overall narrative of LPD focuses on the experiences of Javanese women and
the difficult life of a 'nyai' in the palace and Dutch colonialism (in the
Dutch East Indies). LPD itself is written from a woman's perspective with
themes of positioning, desire and identity through the portrayal of
Piranti/Isah. Being the illegitimate child of a regent who did not want to
recognise her mother as a concubine made her occupy the lowest position in the
hierarchy of the palace world. This situation underlies her desire to escape
and become a 'nyai', a Dutch concubine, but the colonial reality is not what
Piranti/Isah imagined.
The problems in this study are how
the representation of Javanese subaltern women in the palace environment and
Dutch colonialism (in the Dutch East Indies), and how the form of negotiation
of Javanese subaltern women in the palace environment and colonialism (in the
Dutch East Indies) depicted in the LPD novel.
This research looks at the
Postcolonial Feminism Perspective by using Gayatri Chakravorty Spivak's
subaltern theory. The method of data analysis in the research is carried out by
reading Derrida's deconstruction, which will display a series of binary oppositions
so as to display superior and inferior positions/centre and periphery so as to
show women's subalternity. The next step outlines the forms of negotiation of
her subaltern position as part of Javanese (indigenous) women's subjectivity
both in the palace environment and Dutch colonialism (in the Dutch East
Indies), this step will reverse the binary opposition as a form of
deconstruction of the LPD narrative.
The results of this research show several oppositions
such as Sultan's Daughter and Abdi Dalem's Daughter, Dutch Men (totok) and
Javanese Women (indigenous), Mixed Blood Women (Indo) and Javanese Women
(indigenous), Western Culture and Eastern Culture, Day and Night, City and
Village, all of these oppositions show the subalternity of Javanese women. The
forms of negotiation carried out such as: efforts to equalise social status,
escape from the palace space to become a free subject, negotiate personal and sexual
identity, nyai as an agent of cultural change in modernist Javanese society,
legitimise the status of mother in the family room by giving birth to children,
and writing her life history.
Kata Kunci : Representasi, negosiasi, subaltern, perempuan Jawa