Simulasi Dinamis dan Perancangan Sistem Kendali Alat Uji Dynamic Fatigue untuk Sistem Suspensi Menggunakan Particle Swarm Optimization (PSO) PID Tuning
MUHAMMAD KHAFIDUL KIROM, Irfan Bahiuddin, S.T., M.Phil., Ph.D.
2024 | Tugas Akhir | D4 TEKNOLOGI REKAYASA MESIN
Studi ini
menyajikan perancangan sistem kendali dengan menerapkan particle swarm optimization
(PSO) untuk mengatur parameter PID pada alat uji dynamic fatigue.
Mekanisme elektro-hidraulik dikembangkan untuk pengujian dynamic fatigue
sistem suspensi yang memerlukan aplikasi gaya tinggi. Sistem ini bertujuan
untuk mencapai perpindahan yang ditargetkan dalam berbagai frekuensi dan beban
dengan menerapkan skema kontrol PID melalui umpan balik dari sensor. Penyesuaian manual parameter dapat menjadi tantangan dan
memakan waktu. Oleh karena itu, parameter PID dioptimalkan menggunakan tiga
metode PSO, yaitu Classic PSO, Adaptive Comprehensive Learning PSO (ACLPSO),
dan Constriction PSO. Setiap metode diterapkan untuk mengatur
pengendali PID untuk sistem kontrol dengan tujuan meminimalkan kesalahan antara
output referensi dan prediksi sambil mempertimbangkan metrik kinerja
seperti overshoot dan osilasi. Secara umum, hasil untuk respons step
dan sinus menunjukkan bahwa meskipun Classic PSO yang tercepat, ACLPSO
dan Constriction PSO mencapai akurasi yang lebih tinggi karena mekanisme
eksplorasi dan stabilitas yang ditingkatkan. Parameter PID diperoleh dengan
nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 2% untuk frekuensi 1
hingga 20 Hz. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kontrol PID secara
efektif mencapai pergerakan yang diinginkan.
This study presents an application of
particle swarm optimization (PSO) for adjusting PID parameters for a suspension
systems test rig machine. An electro-hydraulic mechanism is developed for
damper dynamic testing that requires high-force applications. By implementing
the PID control scheme with feedback from sensors, this system aims to achieve
the targeted displacements despite various frequencies and loads. The manual
adjustment of the parameters can be challenging and time consuming. Therefore,
the PID parameters were optimized using three PSO methods, namely Classic PSO,
Adaptive Comprehensive Learning PSO (ACL PSO), and Constriction PSO. Each
method was applied to tune the PID controller for the control system, aiming to
minimize the error between reference and predicted outputs while considering
performance metrics such as overshoot and oscillations. In general, the results
for either step and sine responses indicate that while Classic PSO is the
fastest, ACL PSO and Constriction PSO achieve higher accuracy due to their
enhanced exploration and stability mechanisms. The PID parameters were obtained
with Mean Absolute Percentage Error (MAPE) values of 2% for tested conditions.
The findings of this research show that PID control effectively achieves the
desired movement.
Kata Kunci : control system, pid, particle swarm optimization, semi-active suspension system, dynamic fatigue test rig machine.