Laporkan Masalah

Implementasi Platform Digital ARKAS Versi 4 dalam Pengelolaan Akuntabilitas Dana Bantuan Operasional Sekolah Satuan Pendidikan Menengah dan Khusus Provinsi DIY

MAIDHOTUL KHASANAH, Dr. Faiz Zamzami, S.E., M.Acc., QIA., CMA., CAPF., CAPM., CRA., CACP.

2024 | Tugas Akhir | D4 Akuntansi Sektor Publik

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi ARKAS versi 4 di lingkup Satuan Pendidikan Menengah dan Khusus Provinsi DIY. Penyusunan penelitian ini menggunakan metode deskriptip kualitatif. Data diperoleh melalui monitoring, wawancara, dan studi dokumen. Narasumber penelitian terdiri dari Staff Ahli Subbagian Keuangan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi DIY dan perwakilan Bendahara BOS yang memenuhi beberapa kriteria sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi platform ARKAS versi 4 di Satuan Pendidikan Menengah dan Khusus sudah memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Implementasi ARKAS sudah sesuai dengan aturan-aturan yang ada dalam Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 dan Buku Panduan ARKAS versi 4.1.9. Secara umum kinerja platform ARKAS sudah sangat baik, namun masih memerlukan perbaikan-perbaikan untuk memaksimalkan fungsinya sebagai platform pengelola Dana BOS Satuan Pendidikan. Evaluasi dan kendala dalam penerapan ARKAS lebih banyak disebabkan oleh faktor kompetensi dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Maka, diperlukan pendampingan dan bimbingan teknis dari pihak Dinas Pendidikan daerah agar hambatan yang ada dapat diatasi dengan baik.

This research aims to evaluate the implementation of ARKAS version 4 within the DIY Province Secondary and Special Education Unit. This reserch was prepared using a qualitative descriptive method. Data was obtained through monitoring, interviews and document study. The reserch sources consisted of Expert Staff of the Finance Subdivision of Yogyakarta Province Education, Youth and Sports Service and representatives of the BOS Treasurer who met several criteria as informants. The reserch results show that the implementation of the ARKAS version 4 platform in Secondary and Special Education Units meets the applicable Standard Operational Procedures (SOP). The implementation of ARKAS is in accordance with the regulations in Permendikbudristek No.63 of 2022 and ARKAS Handbook version 4.1.9. In general, the performance of the ARKAS platform is very good, but it still requires improvements to maximize its function as a platform for managing Education Unit BOS Funds. Evaluation and obstacle in implementing ARKAS are mostly caused by the competency factor of the Human Resources (HR). So, technical assistance and guidance from regional Education Department is meeded so that existing obstacles can be overcome properly.

Kata Kunci : Implementation of ARKAS Platform, Management of BOS Funds, Evaluation and Obstacles.

  1. D4-2024-463776-abstract.pdf  
  2. D4-2024-463776-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-463776-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-463776-title.pdf