Paket Wisata Wellness Tourism Berbasis Edukasi di Merapi Farma Herbal
ISNA RIZQI KHAIRUNNISA, Anik Nuryani, S.S., M.Sc., CHE.
2024 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata
Merapi Farma Herbal merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri jamu dan memiliki potensi wellness tourism untuk dikembangkan. Penyusunan paket wisata wellness tourism di Merapi Farma Herbal dilakukan karena kurangnya minat anak-anak terhadap jamu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis destinasi wisata melalui identifikasi komponen pariwisata 6A (attraction, accessibility, amenities, activities, ancillary services, dan available Packages) serta merancang paket wisata wellness tourism di Merapi Farma Herbal yang menarik bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara semiterstruktur, dokumentasi, dan studi literatur. Selain itu, uji pasar juga dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online kepada target pasar yang telah ditentukan guna mengetahui tanggapan dan minat pasar terhadap paket wisata yang dirancang. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah produk paket wisata wellness tourism di Merapi Farma Herbal yang ditujukan untuk anak-anak. Paket ini terdiri dari aktivitas menarik dan edukatif, antara lain yaitu praktik membuat jamu, edukasi mengenai manfaat dari tanaman jamu, menonton video informatif tentang jamu, dan berbagai permainan yang menyenangkan. Aktivitas ini tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga mendidik anak-anak tentang pentingnya jamu sebagai warisan budaya dan manfaat kesehatannya. Berdasarkan hasil dari kuesioner uji pasar, menunjukkan bahwa paket wisata wellness tourism di Merapi Farma Herbal diterima dengan baik oleh pasar. Hal ini menunjukkan konsep wisata wellness tourism yang ditawarkan oleh Merapi Farma Herbal memiliki potensi untuk dikembangkan dengan memperkenalkan jamu melalui pendekatan yang menyenangkan dan edukatif, sehingga minat anak-anak terhadap jamu akan meningkat.
Merapi Farma Herbal is a company within the herbal medicine industry that produces a diverse range of herbal medicines. Additionally, it has significant potential for development in the wellness tourism sector. The development of wellness tourism packages at Merapi Farma Herbal was initiated to address the low level of interest in herbal medicine among children. The purpose of this research is to analyze tourist destinations through the identification of 6A tourism components (attraction, accessibility, amenities, activities, ancillary services, and available Packages) and design wellness tourism tour packages at Merapi Farma Herbal that are attractive to children. This research uses a qualitative descriptive method, with data collected through direct observation, semi-structured interviews, documentation, and literature studies. In addition, a market test was also conducted by distributing online questionnaires to a predetermined target market to determine market response and interest in the designed tour package. The result of this research is a wellness tourism tour package product at Merapi Farma Herbal aimed at children. This package consists of interesting and educational activities, including the practice of making herbal medicine, education about the benefits of herbal plants, watching informative videos about herbal medicine, and various fun games. These activities not only provide a fun experience, but also educate children about the importance of herbal medicine as a cultural heritage and its health benefits. Based on the results of the market test questionnaire, it shows that the wellness tourism tour packages at Merapi Farma Herbal are well received by the market. This shows that the wellness tourism concept offered by Merapi Farma Herbal has the potential to be developed by introducing herbal medicine through a fun and educational approach, so that children's interest in herbal medicine will increase.
Kata Kunci : Wisata Kebugaran; Jamu Tradisional; Merapi Farma Herbal