Kajian Pengelolaan Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Dan Implikasinya Dalam Pengelolaan Sampah Di Sekolah Adiwiyata Kota Yogyakarta
CYTRA INDRIANI SOROMI, Dr.Langgeng Wahyu Santosa, S.Si.,M.Si; Dr.Rika Harini,S.Si.,M.P.
2024 | Tesis | S2 Ilmu Lingkungan
Pendidikan lingkungan adalah suatu proses yang bertujuan membentuk perilaku, nilai dan kebiasaan untuk menghargai lingkungan hidup. Program Adiwiyata adalah program yang komprehensif melibatkan semua stakeholders yang ada di lingkungan sekolah maupun masyarakat yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, peserta didik, dan pekerja lainnya) untuk mendorong upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Sekolah Adiwiyata yang dipilih menjadi objek kajian penelitian yakni SDN Jetis 2 Yogyakarta, SD Kanisius Sang Timur, SMPN 1 Yogyakarta, SMAN 2 Yogyakarta, dan SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Adiwiyata dalam pengelolaan lingkungan disekolah adiwiyata, mengetahui implikasi pengelolaan lingkungan dalam praktik pengelolaan sampah di sekolah adiwiyata, dan merumuskan strategi pengelolaan lingkungan disekolah adiwiyata. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei yang menekankan pada survei data primer yang di lengkapi data sekunder terhadap objek kajian khususnya terkait dengan program adiwiyata dan pengelolaan sampah di sekolah adiwiyata Kota Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan program adiwiyata di semua sekolah sudah sesuai dengan tujuan dan prinsip sekolah adiwiyata yang diimplementasikan dalam program lingkungan. Implikasi pengelolaan lingkungan hidup pada praktik pengelolaan sampah 3R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle yang diterapkan tentang pengetahuan, partisispasi dan pengelolaan 3R rata-rata berada di kategori tinggi. Strategi pengelolaan lingkungan pada sekolah adiwiyata dapat dilakukan dengan peningkatan kesadaran individu dengan cara sekolah harus terus mendorong, membina dan menumbuhkan kesadaran dalam rangka mendukung siswa untuk peduli lingkungan. Melakukan optimalisasi program adiwiyata yang telah berjalan di sekolah. Mengadakan evaluasi di lingkungan sekolah yang akan digunakan sebagai salah satu acuan dalam lingkungan sekolah adiwiyata. Mengoptimalkan peran masyarakat sekolah untuk terus menjaga serta merawat sarana dan prasarana di lingkungan sekolah serta adanya pengawasan dari pemangku kebijakan
Environmental education is a process that aims to shape behavior, values, and habits to respect the environment. The Adiwiyata program is comprehensive involving all stakeholders existing in the school environment and community which aims to create the school environment as a place of learning and awareness for school residents (teachers, students, and other workers) to encourage efforts to save the environment and sustainable development (sustainable development). The Adiwiyata schools chosen as objects of research study were SDN Jetis 2 Yogyakarta, SD Kanisius Sang Timur, SMPN 1 Yogyakarta, SMAN 2 Yogyakarta, and SMK Negeri 1 Yogyakarta. This research aims to determine the implementation of the Adiwiyata program in environmental management at Adiwiyata schools, determine the implications of environmental management in waste management practices at Adiwiyata schools, and formulate environmental management strategies at Adiwiyata schools. The survey research method emphasizes primary data surveys supplemented by secondary data on the objects of study, especially those related to the Adiwiyata program and waste management in Adiwiyata schools in Yogyakarta City schools. The results of this research show that the implementation of the Adiwiyata program in all schools follows the goals and principles of Adiwiyata schools implemented in the environmental program. The implications of environmental management on 3R waste management practices, namely Reduce, Reuse, and Recycle those applied regarding knowledge, participation, and management of 3R are on average in the high category. Environmental management strategies at Adiwiyata schools can be carried out by increasing individual awareness utilizing which schools must continue to encourage, develop, and grow awareness to support students to care about the environment. Optimizing the Adiwiyata program that is already running at the school. Conduct evaluations in the school environment which will be used as a reference in the Adiwiyata school environment. Optimizing the role of the school community to continue to maintain and care for facilities and infrastructure in the school environment as well as supervision from policymakers.
Kata Kunci : Program Adiwiyata, Sekolah Adiwiyata, Sampah, Yogyakarta/Adiwiyata Program, Adiwiyata School, Waste, Yogyakarta