Motivasi Wisatawan Dalam Mengunjungi Langlang Buana di Agrowisata Bhumi Merapi
Lely Madya Juni Hutabarat, Dr.Tular Sudarmadi, M.A
2024 | Skripsi | PARIWISATA
Keputusan wisatawan untuk melakukan perjalanan dipengaruhi oleh motivasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memotivasi wisatawan mengunjungi Langlang Buana Agrowisata Bhumi Merapi. Penelitian ini mengaplikasikan teori Crompton (1979) dengan dua variabel yaitu faktor pendorong dan faktor penarik. Faktor pendorong yang mempengaruhi yakni, escape, relaxation, exploration and evaluation of self, prestige, play, enhancement of kinship relationship. sedangkan faktor penarik yang mempengaruhi yakni, novelty, education. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 100 wisatawan yang sedang mengunjungi Langlang Buana Agrowisata Bhumi Merapi. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, didapatkan hasil bahwa rata-rata nilai delapan variabel motivasi wisatawan yang didapatkan wisatawan adalah 3,14 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebagian besar yang berkunjung ke Langlang Buana Agrowisata Bhumi Merapi adalah perempuan dibandingkan Laki-laki. Mereka didominasi oleh usia 21-30 tahun. Faktor pendorong pada dimensi escape merupakan pengaruh yang paling signifikan, kemudian faktor penarik yang paling signifikan adalah novelty.
Tourists' decisions to travel are influenced by motivation. This research was carried out with the aim of analyzing the factors that motivate tourists to visit Langlang Buana Agrotourism Bhumi Merapi. This research applies Crompton's (1979) theory with two variables, namely push factors and pull factors. The driving factors that influence are, escape, relaxation, exploration and evaluation of self, prestige, play, enhancement of kinship relationships. while the influencing pull factors are, novelty, education. Data collection was carried out using a questionnaire distributed to 100 tourists who were visiting Langlang Buana Agrotourism Bhumi Merapi. This research was carried out using quantitative descriptive methods, the results obtained were that the average value of the eight tourist motivation variables obtained by tourists was 3.14 in the high category. The research results show that the majority of those visiting Langlang Buana Agrotourism Bhumi Merapi are women compared to men. They are dominated by 21-30 year olds. The push factor in the escape dimension is the most significant influence, then the most significant pull factor is novelty.
Kata Kunci : Langlang Buana, Agrowisata Bhumi Merapi, Motivasi Wisatawan