Laporkan Masalah

PERSEPSI GURU TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF: SEBUAH UPAYA UNTUK MENYELAMI PERSEPSI GURU

AFINA SURYANINGRATRI, Dian Mufitasari, S.Psi., M.Psi., Psikolog

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada seluruh siswa tanpa terkecuali pada kelas yang sama. Seorang guru menjadi unsur penting dalam keberhasilan pembelajaran di sekolah. Persepsi guru memberikan peranan penting dalam pendidikan inklusif. Setiap guru memiliki persepsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami persepsi guru terhadap pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mengambil data primer yang didapatkan secara langsung oleh partisipan dengan melakukan wawancara kepada lima guru SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Data penelitian dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian dijelaskan dalam lima tema besar: 1) Pendidikan inklusif merupakan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, 2) Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang mewadahi berbagai keberagam, 3) Menghadapi tantangan yang ada merupakan kunci menerapkan pendidikan inklusif, 4) Membutuhkan peran berbagai stakeholder dalam penerapan pendidikan inklusif, 5) Penerapan pendidikan inklusif memberikan berbagai manfaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi yang beragam. Namun, secara umum memiliki sikap yang positif terhadap konsep pendidikan inklusif.

Inclusive education is education that provides opportunities for all students without exception in the same class. A teacher is an important element in the success of learning at school. Teacher perceptions play an important role in inclusive education. Every teacher has a different perception. Therefore, this research aims to explore and understand teachers' perceptions of inclusive education. This research uses qualitative research which takes primary data obtained directly by participants by conducting interviews with five high school teachers in the Special Region of Yogyakarta. Research data was analyzed using the thematic analysis method. The research results are explained in five major themes: 1) Inclusive education is education for children with special needs, 2) Inclusive education is education that accommodates various diversity, 3) Facing existing challenges is the key to implementing inclusive education, 4) Requires the role of various stakeholders in implementation inclusive education, 5) Implementing inclusive education provides various benefits. The research results show that teachers have diverse perceptions. However, in general they have a positive attitude towards the concept of inclusive education.

Kata Kunci : Guru, Pendidikan Inklusif, Persepsi

  1. S1-2024-462584-abstract.pdf  
  2. S1-2024-462584-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-462584-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-462584-title.pdf