EVALUASI DAN OPTIMASI DESAIN FONDASI BORED PILE PADA STRUKTUR SLAB ON PILE (SOP) SISI KIRI AKIBAT PERUBAHAN TRASE JALAN TOL IBU KOTA NUSANTARA (IKN) SEGMEN- 3B STA 11+781.5 - STA 11+841.5
ARIS SETIAWAN, Dr. Ir. Devi Oktaviana Latif, S.T., M.Eng.
2024 | Tugas Akhir | D4 TEKNOLOGI REKAYASA PELAKSANAAN BANGUNAN SIPIL
Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional
(PSN) yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini. Pemindahan Ibu Kota Negara
Indonesia didasarkan pada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang ibu
kota negara. Pada pembangunan tahap awal (tahun 2022-2024) pembangunan
Ibu Kota Nusantara (IKN) berfokus pada pembangunan infrastruktur dasar dan
sarana utama, seperti jalan tol, istana kepemerintahan, perkantoran, dan
perumahan. Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau – SP. Tempadung
merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol untuk menunjang akses ke Ibu Kota
Negara Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur. Dalam pelaksanaan
konstruksinya, Jalan Tol IKN Segmen-3B yang mengalami perubahan trase di
Struktur Slab On Pile STA 11+570 – STA 12+200 yang berjarak sekitar 20
meter dari trase awal rencana. Akibatnya kapasitas dukung fondasi eksisting
yang berjumlah 5 tiang dengan diameter 80 cm dan kedalaman 22 meter tidak
sesuai dengan beban rencana yang ditargetkan.
Tujuan dari proyek akhir ini adalah untuk mengevaluasi sekaligus memvalidasi
kapasitas dukung fondasi rencana dengan data tanah yang baru dari aspek
keamanan, kemudian dilakukan alternatif dengan mengoptimasi desain fondasi
rencana. Metode daya dukung aksial yang digunakan adalah metode O’neil &
Reese (1989) dan Skempton (1966). Perhitungan tahanan lateral menggunakan
metode Brom’s (1964), sedangkan penurunan dilakukan analisis dengan metode
Vesic (1977). Selain itu analisis dan pemodelan tiang juga dilakukan dengan
Software Geo5 yang menggunakan Metode Poulus.
Berdasarkan hasil evaluasi daya dukung aksial tiang bor rencana belum
memenuhi faktor kemanan (SF) sehingga dilakukan pemilihan alternatif desain
rencana. Optimasi desain fondasi tiang bor dipilih alternatif 1 dengan
konfigurasi 5 tiang, diameter 80 cm, jarak antara tiang 3,6 meter, dan kedalaman
27 meter . Pemilihan alternatif ini karena memenuhi dari aspek keamanan,
volume beton yang digunakan lebih sedikit, dan ketersediaan alat bor di
lapangan.
Nusantara Capital City (IKN) is one of national project strategic launched by the
current government. The relocation of Indonesia's capital city is based on Law
Number 3 Year 2022 on the national capital. In the early stages of development
(2022-2024), the development of Nusantara Capital City (IKN) focuses on basic
infrastructure development and major facilities, such as toll road, government
palaces, offices, and housing. IKN Toll Road Segment KKT Kariangau - SP.
Tempadung is part of the Toll Road Network to support access to the Nusantara
Capital City (IKN) in East Kalimantan Province. In its construction phase, IKN
Segment-3B Toll Road underwent a change in trajectory at the Slab On Pile
Structure STA 11+570 - STA 12+200 which is about 20 metres away from the
original planned trajectory. As a result, the axial capacity of the existing foundation
of CB 38 left side at STA 11+ 811.5 which amounts to 5 piles with a diameter of 80
cm and a depth of 22 metres is not in accordance with the targeted plan load.
The objective of this final project is to evaluate and validate the bearing capacity
of the planned foundation with the new soil data from a safety aspect, and then an
alternative by optimising the design of the planned foundation. The axial bearing
capacity methods used were those of O'neil & Reese (1989) and Skempton (1966).
The lateral resistance calculation used Brom's (1964) method, while the settlement
was analysed using Vesic's (1977) method. In addition, analysis and modelling of
the piles were also carried out with Geo5 Software that uses the Poulus Method .
Based on the results of the evaluation of the axial bearing capacity of the bored pile
plan, it has not fulfilled the safety factor (SF) so that the selection of alternative
design plans is carried out. Optimisation of bored pile foundation design selected
alternative 1 with a configuration of 5 piles, a diameter of 80 cm, a distance
between piles of 3.6 metres, and a depth of 27 metres. The selection of this
alternative because it fulfils the safety aspect, the volume of concrete used is less,
and the availability of drilling tools in the field.
Kata Kunci : slab on pile, fondasi tiang bor, evaluasi keamanan fondasi, Geo5