Analisis Kerusakan Komponen Undercarriage Bagian Segment Sprocket Bulldozer Komatsu D65-PX
ZAINAL ABIDIN TARIGAN, Braam Delfian Prihadianto, S. T., M. Eng.
2024 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PERAWATAN ALAT BERAT
Bulldozer adalah salah satu jenis
alat berat yang umum digunakan dalam pertambangan dan konstruksi, memiliki
peran penting dalam meratakan dan memindahkan material dengan daya dorong yang
tinggi. Bagian undercarriage, terutama sprocket, merupakan
komponen yang vital namun sering mengalami keausan cepat karena kontak langsung
dengan pin bushing dan track link, yang merupakan tantangan utama
dalam pemeliharaan dan operasional bulldozer.
Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis jenis material yang digunakan pada segment
sprocket bulldozer Komatsu D65-PX, baik yang genuine maupun non
genuine, serta mengevaluasi kekuatan impact dan nilai kekerasan dari
kedua jenis material tersebut. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi
penyebab kegagalan komponen segment sprocket bulldozer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa material pada segment
sprocket terdiri dari baja karbon AISI 10xx dengan kandungan karbon (C)
0,541% untuk non genuine dan baja karbon AISI 15xx dengan kandungan
karbon (C) 0,466% serta mangan (Mn) 1,372% untuk genuine. Kekerasan
rata-rata segment sprocket adalah 184,5447 VHN untuk material non
genuine dan 527,5487 VHN untuk material genuine, dengan kekuatan impact
rata-rata 0,1875 Joule/mm2 untuk non genuine dan 0,2083 Joule/mm2 untuk genuine.
Struktur mikro pada material non genuine didominasi oleh ferit dan
perlit yang memberikan sifat getas, sedangkan pada material genuine
terdapat fasa martensit yang menunjukkan sifat yang lebih keras. Kegagalan pada
segment sprocket disebabkan oleh beban kerja yang melebihi kapasitas
mekanik material, dengan material non genuine menunjukkan nilai kekuatan
mekanik yang lebih rendah dibandingkan dengan material genuine.
Rekomendasi dari penelitian ini adalah memilih material segment sprocket
dengan kualitas yang lebih tinggi untuk meningkatkan umur pakai dan kinerja bulldozer
dalam kondisi kerja yang berat dan medan bervariasi.
Bulldozer is
a type of heavy equipment commonly used in mining and construction, playing a
crucial role in leveling and moving materials with high pushing power. The
undercarriage, especially the sprocket, is a vital component prone to rapid
wear due to direct contact with pin bushings and track links, which poses
significant challenges in bulldozer maintenance and operation.
This study
aims to analyze the types of materials used in the sprocket segment of the
Komatsu D65-PX bulldozer, both genuine and non-genuine, and evaluate the impact
strength and hardness values of these materials. Additionally, the study
identifies the causes of failure in the bulldozer's sprocket segment
components.
The research findings
indicate that the sprocket segment materials consist of AISI 10xx carbon steel
with 0.541?rbon content for non-genuine and AISI 15xx carbon steel with
0.466?rbon and 1.372% manganese content for genuine parts. The average hardness
of the sprocket segment is 184.5447 VHN for non-genuine and 527.5487 VHN for
genuine materials, with average impact strengths of 0.1875 Joule/mm² for
non-genuine and 0.2083 Joule/mm² for genuine. The microstructure of non-genuine
materials is dominated by ferrite and pearlite, imparting brittle properties,
whereas genuine materials exhibit martensitic phases indicating greater
hardness. Failure of the sprocket segment is attributed to workloads exceeding
the mechanical capacity of the materials, with non-genuine materials showing
lower mechanical strength compared to genuine materials. Recommendations from
this study emphasize selecting higher-quality sprocket segment materials to
enhance the service life and performance of bulldozers operating in demanding
and varied terrains.
Kata Kunci : Bulldozer, segment sprocket, kekerasan material, kekuatan impact, struktur mikro