Laporkan Masalah

Valuasi Ekonomi dan Persepsi Wisatawan Objek Wisata Waduk Sermo di Kabupaten Kulon Progo

NADHIVA ANDARA PUTRI, Dr. Evita Hanie Pangaribowo, S.E., M.IDEC.

2024 | Skripsi | GEOGRAFI DAN ILMU LINGKUNGAN

Waduk Sermo merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata. Objek wisata Waduk Sermo memiliki pemandangan yang indah dengan dikelilingi oleh Pegunungan Menoreh, hutan yang rimbun, dan udara yang masih segar.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung nilai ekonomi objek wisata Waduk Sermo dan mengetahui persepsi wisatawan terhadap kualitas objek wisata. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan melakukan survey berupa wawancara kepada 100 responden. Analisis nilai ekonomi dilakukan menggunakan metode biaya perjalanan (Travel Cost Method/TCM), sedangkan metode valuasi kontingensi (Contingent Valuation Method/CVM) digunakan untuk mengetahui nilai kesediaan membayar wisatawan. Kemudian, pada analisis persepsi wisatawan terhadap kualitas objek wisata ditinjau berdasarkan aspek atraksi dan kondisi, fasilitas, aksesibilitas serta jasa pelayanan.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai ekonomi dari objek wisata Waduk Sermo mencapai Rp 57.069.218.698 per tahun, dengan nilai potensi ekonomi aktual sebesar Rp 11.025.343.545 per tahun. Rata-rata kesediaan membayar (Willingness to Pay/WTP) wisatawan adalah Rp 10.620, dengan total nilai WTP sebesar Rp 804.985.380 per tahun. Variabel yang paling signifikan mempengaruhi jumlah kunjungan adalah jarak. Persepsi wisatawan terhadap kualitas objek wisata Waduk Sermo menunjukkan bahwa 48?ri wisatawan memiliki persepsi tinggi, 51% memiliki persepsi sedang, dan 1% memiliki persepsi rendah. Aspek dengan persepsi tinggi meliputi atraksi dan jasa pelayanan, sementara fasilitas dan aksesibilitas dinilai dengan persepsi sedang.

Sermo Reservoir is one of the natural resources that has the potential to be developed as a tourist attraction. Sermo Reservoir has a beautiful view surrounded by the Menoreh Mountains, lush forests, and fresh air.  The purpose of this research is to calculate the economic value of Sermo Reservoir tourist attraction and determine the perception of tourists on the quality of tourist attraction. This research was conducted using a quantitative method by conducting a survey in the form of interviews to 100 respondents. The economic value analysis was carried out using the travel cost method (TCM), while the contingent valuation method (CVM) was used to determine the value of tourists' willingness to pay. Then, the analysis of tourist perceptions of the quality of tourist attractions is reviewed based on aspects of attractions and conditions, facilities, accessibility and ancillary service.

Based on the research results, the economic value of the Sermo Reservoir tourist attraction reaches Rp 57,069,218,698 per year, with an actual economic potential value of Rp 11,025,343,545 per year. The average willingness to pay (WTP) of tourists is IDR 10,620, with a total WTP value of IDR 804,985,380 per year. The most significant variable affecting the number of visits is distance. Tourists' perceptions of the quality of Sermo Reservoir tourism objects show that 48% of tourists have high perceptions, 51% have moderate perceptions, and 1% have low perceptions. Aspects with high perceptions include attractions and services, while facilities and accessibility are rated with moderate perceptions.

Kata Kunci : Objek Wisata, Nilai Ekonomi, Persepsi, Waduk

  1. S1-2024-461426-abstract.pdf  
  2. S1-2024-461426-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-461426-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-461426-title.pdf