Laporkan Masalah

Pengaruh Variasi Keterampilan, Signifikansi Tugas, Umpan Balik serta Otonomi Terhadap Kepuasan Magang. Studi pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)

Ariana Prihandini Kusumadewi, Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M.

2024 | Skripsi | MANAJEMEN

Adanya kemajuan teknologi dan informasi membuat kebutuhan konsumen menjadi semakin kompleks. Hal ini mendorong perusahaan untuk terus berinovasi secara dinamis mengikuti kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri, baik bagi perusahaan untuk bisa menemukan kandidat dengan kompetensi yang sesuai, maupun bagi para pencari kerja. Dalam mempersiapkan para mahasiswa sebelum masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya, perguruan tinggi menggunakan program magang sebagai sarana untuk memberikan pengalaman praktis dan mengembangkan keterampilan para mahasiswa. Mengingat pentingnya peran magang bagi masa depan mahasiswa, pemerintah perlu memberikan perhatian lebih terhadap program magang serta kepuasan mahasiswa terhadap program magang yang dijalani. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kepuasan magang mahasiswa. 

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode konklusif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner secara daring dan menggunakan aplikasi SPSS untuk mengolah data yang diperoleh. Penelitian ini berhasil mengumpulkan 233 responden yang pernah/sedang mengikuti program MSIB. Hasil penelitian ini mendapati adanya pengaruh positif signifikan dari variabel variasi keterampilan, signifikansi tugas, serta otonomi terhadap variabel kepuasan magang. Namun, penelitian ini mendapati bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari variabel umpan balik dari pekerjaan terhadap variabel kepuasan magang. 

Advanced technology and information have made consumer needs increasingly complex. This encourages companies to continue to innovate dynamically following consumer needs that continue to develop. This a challenging condition, both for companies to be able to find candidates with the suitable competencies, and for job seekers. In attempt to prepare students before entering the real world of work, universities use internship programs as means to provide practical experience and to develop students' skills. Considering the important role of internships in students' futures, the government needs to pay more attention to internship programs and student satisfaction with the internship programs they undertake. This research was conducted to determine the factors that influence student internship satisfaction.

    This is a quantitative based research that uses a conclusive research method with a descriptive research approach. This research was carried out by distributing online questionnaires and using the SPSS application for data processing. This research succeeded in collecting 233 respondents who had/are currently participating in the MSIB program. The results of this research found that there is a significant positive relationship between skill variety, task significance, and autonomy on internship satisfaction. However, this research found that there was no significant relationship between feedback from the job and internship satisfaction.

Kata Kunci : kepuasan magang, variasi keterampilan, signifikansi tugas, umpan balik, otonomi, MSIB, Job Characteristic Model

  1. S1-2024-408760-abstract.pdf  
  2. S1-2024-408760-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-408760-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-408760-title.pdf