ANALISIS EDUCATIONAL MISMATCH PADA LULUSAN PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP UPAH: STUDI BERDASARKAN DATA SAKERNAS 2022
PRETI NELA KANDI, Dr. Anggi Rahajeng, M.Ec.
2024 | Tugas Akhir | D4 PEMBANGUNAN EKONOMI KEWILAYAHAN
Penelitian
ini dilakukan untuk melihat fenomena vertical
education mismatch khususnya kejadian overeducation
pada pekerja lulusan pendidikan tinggi di Indonesia. Penelitian ini
dilatarbelakangi ketatnya kompetisi persaingan pasar tenaga kerja dan fakta
bahwa 12,22 persen penduduk yang menganggur merupakan lulusan pendidikan
tinggi. Data pada penelitian ini menggunakan data SAKERNAS periode Agustus
2022, dengan beberapa kriteria pemilihan sampel yang diterapkan: lulusan
pendidikan tinggi, berusia 18-64 tahun, memiliki jam kerja 35 jam per minggu,
dan memiliki penghasilan dalam satu bulan. Sampel yang terpilih pada penelitian
sejumlah 38.030 individu. Penggolongan klasifikasi educational mismatch dalam penelitian ini menggunakan metode Realised Match (RM) dengan pendekatan
mean dan modus, hasilnya bahwa di Indonesia tingkat kejadian overeducation pada pekerja lulusan
pendidikan tinggi tergolong tinggi. Kemudian, untuk mengetahui pengaruh overeducation terhadap upah, menggunakan
OLS (Ordinary Least Square) dan IV (Instrumental Variabel). Hasilnya overeducation memiliki pengaruh negatif dan
signifikan terhadap upah nominal. Pada pekerja laki-laki menunjukkan
bahwa setiap peningkatan dalam overeducation
berhubungan dengan penurunan upah nominal sebesar 7,07?n 4,75?gi pekerja
perempuan.
This study was conducted to
examine the phenomenon of vertical education mismatch, specifically the
occurrence of overeducation among higher education graduates in Indonesia. The
research was motivated by the intense competition in the labor market and the
fact that 12.22 percent of the unemployed population are higher education
graduates. The data used in this study is derived from the SAKERNAS survey for
the period of August 2022, with several sample selection criteria applied:
higher education graduates, aged 18-64 years, working 35 hours per week, and
having a monthly income. The selected sample consists of 38,030 individuals.
The classification of educational mismatch in this study utilizes the Realised
Match (RM) method with both mean and mode approaches, resulting in a high
incidence of overeducation among higher education graduates in Indonesia.
Furthermore, to determine the impact of overeducation on wages, Ordinary Least
Squares (OLS) and Instrumental Variable (IV) methods were used. The results
indicate that overeducation has a negative and significant effect on nominal
wages. For male workers, each increase in overeducation is associated with a
7.07?crease in nominal wages, while for female workers, it is associated
with a 4.75?crease.
Kata Kunci : Overeducation, Realised Match (RM), Upah, Instrumental Variable (IV)