EVALUASI TIPE FONDASI SPUN PILE PIER 8 ELEVATED FREEWAY PADA PROYEK JALAN TOL SEMARANG – DEMAK SEKSI 1A BERDASARKAN METODE PELAKSANAAN, DAYA DUKUNG DAN HASIL PILE DRIVING ANALYZER (PDA) TEST
SENJA KARISMA PUTRI, Dian Sestining Ayu, S.T., M.T.
2024 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN INFRASTRUKTUR SIPIL
Fondasi merupakan struktur bangunan yang sangat penting dan memerlukan
analisis mendalam untuk memastikan kapasitas dukungnya mampu menopang beban
rencana dan penurunan tidak melebihi batas yang diizinkan. Penelitian ini
menganalisis alternatif fondasi dengan dimensi berbeda. Tujuannya adalah
mengevaluasi tipe fondasi spun pile pada pier 8 berdasarkan
kapasitas dukung, penurunan fondasi, hasil PDA Test, metode pemancangan,
serta memberikan alternatif dimensi dan kedalaman tiang pancang.
Hasil analisis kapasitas dukung tiang menggunakan metode Meyerhof
(1956), L. Decourt (1982), dan Hilley (1930) adalah 357,65 ton, 447,18 ton, dan
420,38 ton. Analisis penurunan tiang tunggal menggunakan metode Poulos dan
Davis (1980), Vesic (1977), dan Finite Element Method (FEM) menunjukkan
penurunan masing-masing sebesar 2,19 mm, 14,58 mm, dan 11,87 mm. Penurunan
kelompok tiang menggunakan metode Vesic (1977) dan FEM adalah 10,40 cm dan 9,20
cm, masih di bawah batas aman 15 cm.
Alternatif dimensi tiang pancang untuk pier 8 adalah diameter 0,8
m dan kedalaman 58 m. Evaluasi pelaksanaan pemancangan fondasi spun pile
sudah sesuai, namun ada kerusakan pada jembatan eksisting Kali Tenggang. Solusi
untuk pier lain adalah mengganti fondasi spun pile dengan bored
pile.
The foundation is a crucial structure in building construction,
requiring thorough analysis to ensure its bearing capacity can support the
planned loads and that settlement does not exceed allowable limits. This study
analyzes the use of alternative foundation dimensions. The aim is to evaluate
the spun pile foundation type at pier 8 based on bearing capacity, settlement,
PDA Test results, piling methods, and to provide alternative dimensions and
depths of piles to achieve the required bearing capacity.
The bearing capacity values obtained using the methods of Meyerhof
(1956), L. Decourt (1982), and Hilley (1930) are 357.65 tons, 447.18 tons, and
420.38 tons, respectively. Single pile settlement analysis using the methods of
Poulos and Davis (1980), Vesic (1977), and Finite Element Method (FEM) shows
settlements of 2.19 mm, 14.58 mm, and 11.87 mm, respectively. Group pile
settlement using the methods of Vesic (1977) and FEM are 10.40 cm and 9.20 cm,
both below the safe limit of 15 cm.
An alternative pile dimension for pier 8 is a diameter of 0.8 m and a
depth of 58 m. The piling execution for the spun pile foundation has been
evaluated to be in accordance with the specified methods, but there was damage
to the existing Kali Tenggang bridge near the pier 8 piling location. The
solution for the foundations of other piers (pier 6, 10, and 11) is to replace
the spun pile design with bored pile foundations.Top of Form
Kata Kunci : jalan tol, spun pile, kapasitas dukung tiang, penurunan, PDA Test, Finite Element Method (FEM)