PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN SYARIAH TAHUN 2017-2023
WAHYUNENG SRI JAYANTI, Dra. Sufitri, M.M
2024 | Tugas Akhir | D4 PERBANKAN
Penelitian ini berfokus untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (Komisaris Independen, Dewan Direksi, Komite Audit, dan Proporsi Kepemilikan Institusional) terhadap Nilai Perusahaan, dengan mempertimbangkan variabel kontrol berupa size, leverage, dan profitability. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan data sekunder berupa laporan tahunan yang berasal dari web Bursa Efek Indonesia dengan Perusahaan Perbankan Syariah yang sudah go public dan terdaftar di BEI yang menjadi sampel pada penelitian ini selama periode 2017-2023. Adapun untuk sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu mengambil keseluruhan dari populasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel. Kemudian ditemukan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pengungkapan CSR, jumlah dewan direksi, komite audit, proporsi kepemilikan institusional, book value per share, dan size memiliki dampak positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perbankan syariah. Sementara itu, jumlah komisaris, earning per share, dan leverage tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa tata kelola perusahaan memainkan peranan penting dalam meningkatkan nilai perusahaan, sementara keterlibatan perusahaan dalam kegiatan sosial yang diungkapkan pada CSR memberikan legitimasi dalam mendapatkan dukungan dari stakeholder untuk kelangsungan jangka panjang perusahaan.
This study focuses on examining the effect of Corporate Social Responsibility Disclosure and Good Corporate Governance (Independent Commissioner, Board of Directors, Audit Committee, and Proportion of Institutional Ownership) on Firm Value, by considering control variables in the form of size, leverage, and profitability. This study uses a quantitative approach by utilising secondary data in the form of annual reports originating from the Indonesia Stock Exchange web with Islamic Banking Companies that have gone public and are listed on the IDX which are sampled in this study during the period 2017-2023. As for the sample used in this study is total sampling, namely taking the whole population. Furthermore, the data analysis technique used in this study uses panel data regression. Then the results showed that CSR disclosure, number of boards of directors, audit committee, proportion of institutional ownership, book value per share, and size have a positive and significant impact on firm value in Islamic banking. Meanwhile, the number of commissioners, earnings per share, and leverage do not have a significant impact on firm value. These findings indicate that corporate governance plays an important role in increasing firm value, while the company's involvement in social activities disclosed in CSR provides legitimacy in gaining support from the public.
Kata Kunci : Nilai Perusahaan, CSR, GCG, Size, Leverage, dan Profitability.