Hubungan Dukungan Sosial dengan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Program Studi Ilmu Keperawatan FKKMK UGM
NADIA HANIFAH, Suis Galischa Wati, S.Kep., Ns., M.Kep; Dr. Ibrahim Rahmat, S.Kp., S.Pd., M.Kes
2024 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN
Latar
Belakang:
Mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Program
Studi Ilmu Keperawatan FKKMK UGM yang memiliki peran ganda yaitu sebagai perawat
dan mahasiswa menghadapi tantangan akademik signifikan, sehingga memerlukan
resiliensi akademik tinggi serta dukungan sosial yang kuat untuk mengatasi
stres dan mencapai kesuksesan akademik. Penelitian ini berfokus pada hubungan
antara dukungan sosial dan resiliensi akademik pada mahasiswa RPL di PSIK UGM.
Tujuan
Penelitian:
Mengetahui hubungan dukungan sosial
dengan resiliensi akademik pada mahasiswa RPL Program Studi Ilmu Keperawatan
FK-KMK UGM.
Metode: Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kuantitatif deskriptif korelasional noneksperimental dengan
rancangan penelitian cross sectional. Responden dalam penelitian ini
adalah mahasiswa RPL Program Studi Ilmu Keperawatan UGM berjumlah 53 orang.
Penelitian ini menggunakan kuesioner Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan The Academic Resilience Scale (ARS-Indonesia).
Analisis penelitian menggunakan Pearson Product Moment.
Hasil: Mahasiswa RPL PSIK FKKMK UGM merasakan dukungan sosial tertinggi dari keluarga (25,25 ± 2,42) dan memiliki resiliensi akademik yang baik terutama dalam ketekunan (46,13 ± 4,33). Nilai p-value antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik sebesar 0,01 atau p<0>
Kesimpulan: Terdapat
hubungan yang signifikan secara positif antara dukungan sosial dan resiliensi
akademik pada mahasiswa RPL PSIK UGM dengan kekuatan hubungan lemah. Hal ini
dapat diartikan bahwa semakin tinggi dukungan sosial yang dirasakan, semakin
tinggi pula resiliensi akademik, meskipun kekuatannya lemah
Background: Students Of Recognition Of Prior
Learning (RPL) Bachelor of Nursing Study Programme of the Faculty of Medicine UGM who have
dual roles as nurses and students who face significant academic challenges,
thus requiring high academic resilience and strong social support to overcome
stress and achieve academic success. This study focuses on the relationship
between social support and academic resilience in RPL students at Nursing
Study Programme UGM.
Objective: To found out the relationship
between social support and academic resilience in RPL students of Nursing Study
Programme of the Faculty
of Medicine UGM.
Method: This study used non-experimental
descriptive correlational quantitative research with a cross sectional research
design. Respondents in this study were 53 students of the UGM Nursing Study
Program's Recognition of Prior Learning (RPL). This study used the
Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) questionnaire and
The Academic Resilience Scale (ARS-Indonesia). The research analysis used
Pearson Product Moment.
Result: RPL students of Nursing Study Programme UGM received the highest social support from family (25.25 ± 2.42) and have good academic resilience especially in perseverance (46.13 ± 4.33). The p-value is 0.01 or p<0>
Conclusion: There is a
significant positive relationship between social support and academic
resilience in RPL students of the PSIK UGM with a weak relationship strength.
This can be interpreted that the higher the perceived social support, the
higher the academic resilience, although the strength is weak.
Kata Kunci : dukungan sosial, mahasiswa keperawatan, resiliensi akademik, rekognisi pembelajaran lampau