ANALISIS KINERJA DAN DAMPAK EMISI GAS BUANG KENDARAAN PADA SIMPANG EMPAT BERSINYAL (STUDI KASUS : SIMPANG GEDONGAN, SLEMAN)
MUHAMMAD ARYA WISESA, Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.SC., Ph.D., IPU., ASEAN.Eng.
2024 | Skripsi | TEKNIK SIPIL
Seiring dengan perkembangan zaman, transportasi
akan terus meningkat sebanding dengan dengan pertumbuhan penduduk. Jumlah
kendaraan di jalan meningkat tanpa diimbangi dengan perkembangan infrastruktur
transportasi seperti jalan yang memadai akan menjadi salah satu penyebab utama permasalahan
transportasi. Permasalahan tersebut dapat dijumpai di Simpang Gedongan yang menjadi
salah satu jalur utama bagi masyarakat dalam bermobilitas dari Kabupaten
Kulonprogo ke Kabupaten Sleman atau Kota Yogyakarta dan begitupun sebaliknya.
Oleh karena itu, diperlukan peninjauan lebih lanjut terkait tingkat pelayanan di
Simpang Gedongan untuk mengetahui nilai derajat kejenuhan (DJ),
panjang antrean, dan tundaan rata-rata simpang, serta memberikan solusi
perbaikan untuk meningkatkan tingkat pelayanan di Simpang Gedongan agar lebih memenuhi
standar.
Perhitungan kinerja Simpang Gedongan ini menggunakan metode
Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 dan direncanakan alternatif
penanganan simpang untuk memperbaiki kondisi simpang yang belum memenuhi
standar. Sedangkan perhitungan emisi gas menggunakan metode LAPI-ITB dengan
menghitung hasil emisi pada setiap kondisi. Kemudian diperhitungkan rencana
anggaran biaya (RAB) bagi alternatif yang paling optimal untuk kinerja simpang.
Hasil perhitungan PKJI 2023 saat kondisi eksisting di jam puncak pagi menunjukkan bahwa DJ di pendekat utara, timur, selatan, barat berturut-turut adalah 0,843;0,385;0,487;0,95. Sedangkan di jam puncak sore dengan DJ di pendekat utara, timur, selatan, barat berturut-turut adalah 0,731;0,949;0,717;0,667. Setelah usulan penanganan diterapkan, terjadi kondisi paling optimal terjadi pada Alternatif Tiga dengan hasil derajat kejenuhan di pendekat utara, timur, selatan, barat berturut turut yaitu 0,694;0,542;0,683;0,649 di jam puncak pagi dan 0,794;0,753;0,778;0,634 di jam puncak sore. Penurunan hasil emisi pada Alternatif Tiga memiliki nilai yang paling besar, yaitu 29% untuk CO, 35% untuk HC, 26% untuk NOx, 39% untuk PM10, dan 28% untuk SO2. Rencana anggaran biaya untuk Alternatif Tiga sebesar Rp 183 juta.
Kata
kunci: Simpang bersinyal, Kinerja simpang, PKJI 2023, Emisi gas buang
pada simpang bersinyal, Dampak lingkungan simpang bersinyal.
Kata kunci: Simpang bersinyal, Kinerja simpang, PKJI 2023, Emisi gas buang pada simpang bersinyal, Dampak lingkungan simpang bersinyal.Kata kunci: Simpang bersinyal, Kinerja simpang, PKJI 2023, Emisi gas buang pada simpang bersinyal, Dampak lingkungan simpang bersinyal.Along
with the times, transportation will continue to increase in proportion to
population growth. The number of vehicles on the road increases without being
balanced with the development of transportation infrastructure such as adequate
roads will be one of the main causes of transportation problems. These problems
can be found at the Gedongan Intersection which is one of the main routes for
the community in mobilizing from Kulonprogo Regency to Sleman Regency or
Yogyakarta City and vice versa. Therefore, further review is needed regarding
the level of service at the Gedongan Intersection to determine the value of the
degree of saturation (DJ), queue length, and average delay of the intersection,
and provide improvement solutions to increase the level of service at the
Gedongan Intersection to better meet the standards.
The
calculation of the performance of the Gedongan Intersection uses the Indonesian
Road Capacity Guidelines (PKJI) 2023 method and alternative intersection
handling is planned to improve the condition of the intersection that does not
meet the standards. While the calculation of gas emissions uses the LAPI-ITB
method by calculating the results of emissions in each condition. Then the cost
budget plan (RAB) is calculated for the most optimal alternative for
intersection performance.
The
results of the PKJI 2023 calculations for the existing conditions during the
morning peak hour show that the degree of saturation (DS) for the north, east,
south, and west approaches are 0.843, 0.385, 0.487, and 0.95, respectively.
Meanwhile, during the evening peak hour, the DS for the north, east, south, and
west approaches are 0.731, 0.949, 0.717, and 0.667, respectively. After
implementing the proposed solutions, the most optimal conditions were achieved
with Alternative Three, yielding degrees of saturation for the north, east,
south, and west approaches of 0.694, 0.542, 0.683, and 0.649, respectively,
during the morning peak hour, and 0.794, 0.753, 0.778, and 0.634, respectively,
during the evening peak hour. The reduction in emission levels is significant,
with decreases of 29% for CO, 35% for HC, 26% for NOx, 39% for PM10, and 28%
for SO2. The budget plan for Alternative Three is IDR 183 million.
Keywords: Signalized
intersection, Intersection performance, PKJI 2023, Emissions at signalized
intersections, Environmental impact of signalized intersections.
Kata Kunci : Simpang bersinyal, Kinerja simpang, PKJI 2023, Emisi gas buang pada simpang bersinyal, Dampak lingkungan simpang bersinyal.