Laporkan Masalah

Pemerolehan Kaidah Pasif pada Pemelajar BIPA Tingkat Pemula 2

AMANDA AURELIA, Drs. Suharsono, M.Hum.

2024 | Skripsi | S1 SASTRA INDONESIA

Penelitian dengan judul “Pemerolehan Kaidah Pasif pada Pemelajar BIPA Tingkat Pemula 2” bertujuan untuk menjelaskan proses pemerolehan kaidah pasif oleh pemelajar BIPA Pemula 2 INCULS dengan menganalisis bentuk serta eror yang diproduksi.

Data dikumpulkan dari hasil karya tulis pemelajar BIPA di kelas Menulis tingkat Pemula 2 semester gasal 2023/2024 di INCULS FIB UGM yang dilaksanakan selama enam belas minggu. Mahasiswa dalam kelas tersebut berjumlah delapan orang yang berasal dari Jepang, Australia, Jerman, Thailand, dan Italia. Pengumpulan data akan dilakukan dengan metode cross-sectional dengan teknik naturalistik. Kemudian, hasil dari penelitian ini akan disajikan secara formal dan informal. Secara informal, hasil penelitian dibahas secara deskriptif menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sedangkan secara formal, hasil penelitian akan dikemukakan dengan bagan dan tabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan lima tipe kaidah pasif yang diproduksi, yaitu tipe konstruksi pasif 1 (pasif di-), tipe konstruksi pasif 2 (pasif di- + aspek), tipe konstruksi pasif 3 (pasif bentuk diri), tipe konstruksi pasif 4 (pasif di- dalam klausa relatif), dan tipe konstruksi pasif 5 (pasif bentuk diri dalam klausa relatif). Produksi eror kaidah pasif yang paling banyak terjadi adalah penggunaan verba aktif pada klausa yang seharusnya berverba pasif. Urutan pemerolehan kaidah pasif secara kelompok adalah (1) kaidah pasif tipe 2 (pasif di- + aspek), (2) kaidah pasif tipe 1 (pasif di-), (3) kaidah pasif tipe 4 (pasif di- dalam klausa relatif), (4) kaidah pasif tipe 3 (pasif bentuk diri), dan (5) kaidah pasif tipe 5 (pasif bentuk diri dalam klausa relatif). Urutan pemerolehan kaidah pasif ini menggambarkan sekaligus urutan penguasan dan tingkat kesulitan setiap tipe. Tingkat kesulitan tipe ini juga berkaitan erat dengan adanya konsep kebermarkahan dan yang tidak. Selain itu, setiap individu pemelajar mengalami tahapan-tahapan berbeda dengan hasil yang berbeda pula.

The study titled “The Acquisition of Passive Rules by BIPA Learners in Beginner 2 Level” aims to explain the process of acquiring passive rules by Beginner 2 BIPA learners at INCULS by analyzing the forms and errors produced.

The data were collected from the written homeworks of Begginer 2 BIPA learners in the Writing Class during the odd semester of 2023/2024, INCULS FIB UGM, conducted over sixteen weeks. The class consisted of eight students from Japan, Australia, Germany, Thailand, and Italy. Data collection was carried out using a cross-sectional method with a naturalistic technique. The results of this research will be presented both formally and informally. Informally, the research findings are discussed descriptively using easy-to-understand language, while formally, the results are presented with charts and tables.

The study results show that five types of passive rules were produced, which are type 1 passive construction (pasif di-), type 2 passive construction (pasif di- + aspek), type 3 passive construction (pasif bentuk diri), type 4 passive construction (pasif di- dalam klausa relatif), and type 5 passive construction (pasif bentuk diri dalam klausa relatif). The most common error in passive rule production was the use of active verbs in clauses that should have passive verbs. The order of passive rule acquisition as group is (1) type 2 passive rule (pasif di- + aspek), (2) type 1 passive rule (pasif di-), (3) type 4 passive rule (pasif di- dalam klausa relatif), (4) type 3 passive rule (pasif bentuk diri), and (5) type 5 passive rule (pasif bentuk diri dalam klausa relatif). This order of passive rule acquisition also illustrates the sequence of mastery and the difficulty level of each type. The difficulty level of these types is closely related to the concept of markedness and unmarkedness. Additionally, each individual learner experiences different stages with different outcomes.

Kata Kunci : BIPA, pemerolehan bahasa kedua, kaidah pasif, pemelajar Pemula 2 INCULS

  1. S1-2024-459967-abstract.pdf  
  2. S1-2024-459967-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-459967-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-459967-title.pdf