Laporkan Masalah

MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM WEBTOON “THE REAL LESSON (???)” KARYA CHAE YONG TAEK (???): KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Tahta Harimurti Proboatmojo, Alfiana Amrin Rosyadi, S.S., M.A

2024 | Skripsi | BAHASA KOREA

Penelitian ini membahas masalah sosial di lingkungan sekolah dalam webtoon “The Real Lesson” karya Chae Yongtaek menggunakan kajian sosiologi sastra Ian Watt (sastra sebagai cerminan masyarakat). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan masalah sosial di lingkungan sekolah dalam webtoon “The Real Lesson” karya Chae Yongtaek dan mamaparkan cerminan masalah sosial di lingkungan sekolah dalam webtoon “The Real Lesson” di kehidupan sosial Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Analisis penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra beserta pendekatannya yang dikemukakan oleh Ian Watt (1964) dan teori masalah sosial yang dikemukakan William Kornblum (1974).

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam webtoon “The Real Lesson” karya Chae Yongtaek mengandung beberapa masalah sosial di lingkungan sekolah, yaitu perundungan karena kuasa, perundungan di tim basket, perundungan karena suap, pelecehan seksual, bunuh diri karena perundungan, dan bunuh diri karena tuduhan pelecehan seksual. Masalah-masalah sosial yang ada di dalam webtoon “The Real Lesson” karya Chae Yongtaek juga dapat ditemukan dalam kehidupan sosial Korea Selatan seperti murid yang melakukan perundungan, penyuapan kepada guru, guru yang melakukan pelecehan seksual, bunuh diri akibat dari perundungan dan mendapat tuduhan.

Kata kunci: masalah sosial di lingkungan sekolah, cerminan masalah sosial Korea Selatan, webtoon, The Real Lesson

This study addressed social problem in school environment in Chae Yongtaek's webtoon "The Real Lesson" using the study of sociology of literature by Ian Watt (literature as society's reflection). The purpose of this study is to explain social problems in school environment  literary work and to look for reflections in the South Korean social life. This study used descriptive qualitative research methods. The analysis of this study used the sociology of literature theory and its approach proposed by Ian Watt (1964) and social problems theory proposed by William Kornblum (1974).

This study led to the fact that Chae Yongtaek's webtoon "The Real Lesson" contains several social problems in school environment: bullying due to power, bullying on the basketball team, bullying due to bribery, sexual harassment, suicide due to bullying, and suicide due to accusations of sexual harassment.. Similar social issues in Chae Yongtaek's webtoon "The Real Lesson" can also be found in South Korean social life such as students who commit bullying, bribery to teachers, teachers who commit sexual harassment, suicide caused by bullying and accusation.

Keywords: social problems in school environment, reflection of South Korea's social problems, webtoon, The Real Lesson


Kata Kunci : masalah sosial di lingkungan sekolah, cerminan masalah sosial Korea Selatan, webtoon, The Real Lesson

  1. S1-2024-443329-abstract.pdf  
  2. S1-2024-443329-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-443329-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-443329-title.pdf