Laporkan Masalah

Peran Iklim Sekolah dan Kebersyukuran terhadap Sense of School Belonging pada Siswa SMA di Yogyakarta

Puella Desideria Adiartanto, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Sekolah, tempat selain rumah di mana anak-anak cmenghabiskan banyak waktunya, memegang peranan penting dalam proses perkembangan mereka menuju kedewasaan. Maka, menurut beberapa penelitian terdahulu, penting untuk memastikan bahwa siswa memiliki sense of belonging terhadap sekolah. Berbagai aspek dapat mempengaruhi hal tersebut, baik yang sifatnya eksternal maupun internal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat peran iklim sekolah dan kebersyukuran terhadap sense of school belonging pada siswa-siswi di sebuah SMA Negeri di Yogyakarta. Dengan desain penelitian survey non-eksperimental, tiga skala—iklim sekolah, Gratitude Resentment and Appreciation Test (GRAT) Short Form, dan Psychological Sense of School Membership (PSSM)—disebarkan kepada siswa-siswi sekolah (N = 240) pada sebuah SMA Negeri di Yogyakarta. Hasil menunjukkan bahwa iklim sekolah dan kebersyukuran berpengaruh secara positif dan signifikan (sebesar 50,3%) pada sense of school belonging. Meski tetap memerlukan penelitian lebih lanjut, penelitian ini menyarankan pihak sekolah untuk lebih banyak melakukan pembiasaan-pembiasaan yang mampu menciptakan iklim sekolah yang positif dan suportif, serta menumbuhkan rasa kebersyukuran yang tinggi untuk memperkuat sense of school belonging pada siswa-siswinya.

School, a place other than home where children spend much of their time, holds a pivotal role in their development process towards adulthood. Therefore, according to several previous studies, it is important to ensure that students cultivate a sense of school belonging. Various aspects can affect this–both internal and external. Thus, this study aims to analyse the role of school climate and gratitude towards the sense of school belonging amongst high school students in Yogyakarta. Using a non-experimental survey design, three scalesa school climate form, Gratitude Resentment and Appreciation Test (GRAT) Short Form, and Psychological Sense of School Membership (PSSM)were distributed to high school students (N = 240) of a public high school in Yogyakarta. The findings revealed that both school climate and gratitude had a significant and positive impact (accounting for 50.3%) on the sense of school belonging. While further research is required, this result suggests that schools should implement more practices to foster positive and supportive school climate as well as gratitude in order to develop a firmer sense of school belonging amongst students.

Kata Kunci : Iklim sekolah, school climate, kebersyukuran, gratitude, sense of school belonging

  1. S1-2024-442905-abstract.pdf  
  2. S1-2024-442905-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-442905-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-442905-title.pdf