Peran Iklim Sekolah dan Kebersyukuran terhadap Sense of School Belonging pada Siswa SMA di Yogyakarta
Puella Desideria Adiartanto, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Sekolah,
tempat selain rumah di mana anak-anak cmenghabiskan banyak waktunya, memegang
peranan penting dalam proses perkembangan mereka menuju kedewasaan. Maka,
menurut beberapa penelitian terdahulu, penting untuk memastikan bahwa siswa
memiliki sense of belonging terhadap
sekolah. Berbagai aspek dapat mempengaruhi hal tersebut, baik yang sifatnya
eksternal maupun internal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
melihat peran iklim sekolah dan kebersyukuran terhadap sense of school belonging pada siswa-siswi di sebuah SMA Negeri di
Yogyakarta. Dengan desain penelitian survey non-eksperimental, tiga skala—iklim
sekolah, Gratitude Resentment and
Appreciation Test (GRAT) Short Form, dan Psychological Sense of School Membership (PSSM)—disebarkan kepada
siswa-siswi sekolah (N = 240) pada sebuah SMA Negeri di Yogyakarta. Hasil
menunjukkan bahwa iklim sekolah dan kebersyukuran berpengaruh secara positif
dan signifikan (sebesar 50,3%) pada sense
of school belonging. Meski tetap memerlukan penelitian lebih lanjut,
penelitian ini menyarankan pihak sekolah untuk lebih banyak melakukan
pembiasaan-pembiasaan yang mampu menciptakan iklim sekolah yang positif dan
suportif, serta menumbuhkan rasa kebersyukuran yang tinggi untuk memperkuat sense of school belonging pada
siswa-siswinya.
School, a place other than home where children
spend much of their time, holds a pivotal role in their development process
towards adulthood. Therefore, according to several previous studies, it is
important to ensure that students cultivate a sense of school belonging.
Various aspects can affect this–both internal and external. Thus, this study aims
to analyse the role of school climate and gratitude towards the sense of school
belonging amongst high school students in Yogyakarta. Using a non-experimental
survey design, three scales—a school climate form, Gratitude
Resentment and Appreciation Test (GRAT) Short
Form, and Psychological Sense of School Membership (PSSM)—were distributed to high school students (N
= 240) of a public high school in Yogyakarta. The findings revealed that both
school climate and gratitude had a significant and positive impact (accounting
for 50.3%) on the sense of school belonging. While further research is
required, this result suggests that schools should implement more practices to
foster positive and supportive school climate as well as gratitude in order to
develop a firmer sense of school belonging amongst students.
Kata Kunci : Iklim sekolah, school climate, kebersyukuran, gratitude, sense of school belonging