Hubungan Adiksi Smartphone pada Ibu, Pola Asuh Ibu, dan Status Gizi dengan Tingkat Perkembangan Anak Prasekolah
Rizky Eka Safitri, Aviria Ermamilia, S.Gz., M.Gizi., RD ; Dwi Susilawati, MA,Psi
2024 | Skripsi | GIZI KESEHATAN
Latar Belakang: Perkembangan pada anak dipengaruhi oleh faktor personal yaitu status gizi dan faktor lingkungan yaitu peran ibu dalam pengasuhan. Adanya permasalahan gizi pada anak berpengaruh terhadap ketercapaian pada perkembangannya. Setiap jenis pola asuh yang diterapkan ibu memiliki pengaruh yang beragam terhadap perkembangan anak. Penggunaan smartphone oleh ibu memberikan gangguan dalam pengasuhan yang menyebabkan terganggunya komunikasi, perhatian, dan stimulasi yang penting untuk mencapai perkembangan sesuai dengan tahapan usia pada anak.
Tujuan: Mengetahui hubungan adiksi smartphone pada ibu, pola asuh ibu, dan status gizi dengan tingkat perkembangan anak prasekolah.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif observasional analitik dengan desain cross-sectional yang dilaksanakan di TK Negeri 2 Yogyakarta dengan melibatkan 51 anak dengan teknik purposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah Fisher Exact Test. Adiksi smartphone pada ibu diukur dengan kuesioner modifikasi Smartphone Addiction Scale (SAS) versi Bahasa Indonesia. Pola asuh ibu diukur dengan Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ) versi Bahasa Indonesia. Status gizi diukur melalui pengukuran berat badan dengan timbangan badan digital dan tinggi badan dengan microtoise. Tingkat perkembangan diukur dengan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP).
Hasil: Sebanyak 74,51% ibu mengalami adiksi sedang pada smartphone, 94,12% ibu menerapkan pola asuh authoritative, 80,39% anak memiliki status gizi normal, dan 68,63% anak memiliki tingkat perkembangan sesuai. berdasarkan analisis bivariat diperoleh hasil bahwa tidak terdapat hubungan antara adiksi smartphone pada ibu dengan tingkat perkembangan anak prasekolah (p=0,409), tidak terdapat hubungan antara pola asuh ibu dengan tingkat perkembangan anak prasekolah (p=0,229), dan terdapat hubungan antara status gizi dengan tingkat perkembangan anak prasekolah (p=0,006).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara adiksi smartphone pada ibu dan pola asuh ibu dengan tingkat perkembangan anak prasekolah. Namun, terdapat hubungan antara status gizi dengan tingkat perkembangan pada anak prasekolah.
Background: Child development is influenced by personal factors such as nutritional status and environmental factors, including the mother's role in parenting. Nutritional problems in children affect their developmental achievements. Each type of parenting style adopted by mothers has varying impacts on child development. The use of smartphones by mothers poses challenges in parenting, disrupting communication, attention, and stimulation, which are crucial for achieving age-appropriate developmental milestones in children.
Objective: To determine the relationship between smartphone addiction in mothers, mother’s parenting styles, and nutritional status with the developmental levels of preschool children.
Methods: This research is a quantitative observational analytical study with a cross-sectional design conducted at TK Negeri 2 Yogyakarta, involving 51 children selected by purposive sampling. The statistical test used was the Fisher Exact Test. Smartphone addiction in mothers was measured using a modified Indonesian version of the Smartphone Addiction Scale (SAS). Mother’s parenting styles were assessed using Indonesian version of the Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ). Nutritional status was evaluated through measurements of weight using a digital scale and height using a microtoise. Developmental levels were assessed using the Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP).
Results: A total of 74.51% of mothers experienced moderate smartphone addiction, 94.12% of mothers applied an authoritative, 80.39% of children had normal nutritional status, and 68.63% of children had appropriate developmental levels. Bivariate analysis results showed no relationship between smartphone addiction in mothers and the developmental levels of preschool children (p=0.409), no relationship between mothers' parenting styles and the developmental levels of preschool children (p=0.229), but a relationship between nutritional status and the developmental levels of preschool children (p=0.006).
Conclusion: There is no relationship between smartphone addiction in mothers and mothers' parenting styles with the developmental levels of preschool children. However, there is a relationship between nutritional status and the developmental levels of preschool children.
Kata Kunci : Adiksi smartphone, pola asuh, status gizi, tingkat perkembangan