Penerapan Asas Itikad Baik dalam Perjanjian Kredit Nasabah dengan PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kurnia Sewon
Ayu Fitri Isnain S, Dr. Taufiq El Rahman, S.H.,M.Hum.
2024 | Skripsi | ILMU HUKUM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan asas itikad baik di dalam perjanjian kredit nasabah dengan PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kurnia Sewon yang diteliti mulai dari tahap pra kontraktual, kontraktual, dan post kontraktual serta mengetahui dan menganalisis upaya penyelesaian yang ditempuh bank dalam hal nasabah tidak beritikad baik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah empiris-yuridis yang dilakukan dengan mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat. Penelitian ini didasarkan pada penelitian kepustakaan yang menghasilkan data sekunder. Data sekunder diperoleh dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian bersifat deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan asas itikad baik pada tahap pra kontraktual dan kontraktual telah dipenuhi para pihak tetapi pada tahap post kontraktual ditemukan permasalahan dalam pemenuhan asas itikad baik oleh salah satu pihak dalam perjanjian. Dalam hal permasalahan kredit yang timbul dikarenakan tidak dipenuhinya asas itikad baik oleh nasabah sebagai debitur, PT BPR Kurnia Sewon sebagai kreditur menggunakan upaya penyelesaian melalui jalur non litigasi yaitu negosiasi dan musyawarah serta opsi restruktursisasi kredit dan jalur litigasi berupa eksekusi objek jaminan.
This study aims to determine the application of the principle of good faith in the customer's credit agreement with PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kurnia Sewon which is studied starting from the pre-contractual, contractual, and post-contractual stages and to know and analyze the settlement efforts taken by the bank in the event that the customer does not act in good faith.
The type of research used is empirical-juridical which is carried out by examining the applicable legal provisions and what happens in reality in society. This research is based on library research that produces secondary data. Secondary data is obtained from primary legal materials, secondary legal materials, and tertiary legal materials. The research results are descriptive.
Based on the results of the research, it is known that the application of the principle of good faith at the pre-contractual and contractual stages has been fulfilled by the parties, but at the post-contractual stage problems were found in the fulfillment of the principle of good faith by one of the parties to the agreement. In terms of credit problems that arise due to non-fulfillment of the principle of good faith by the customer as a debtor, PT BPR Kurnia Sewon as a creditor uses settlement efforts through non-litigation which are negotiation and deliberation as well as credit restructuring options and litigation channels in the form of execution of collateral objects.
Kata Kunci : Asas Itikad Baik, Perjanjian Kredit, Nasabah, Bank