Laporkan Masalah

Systematic Domination and Resistance: the Concept of Orientalism in The Sum of Us by Heather McGhee

NAUFAL SALADIN, Achmad Munjid, Ph.D.

2024 | Skripsi | SASTRA INGGRIS

Penelitian ini menggunakan pendekatan pascakolonial terhadap sastra, menerapkan konsep Edward Said tentang orientalisme untuk menganalisis dominasi sistematis dan perlawanan dalam novel sudut pandang pertama The Sum of Us: What Racism Costs Everyone and How We Can Prosper Together oleh Heather McGhee. Studi ini mengidentifikasi empat jenis dominasi sistematis dan perlawanan dalam novel tersebut, yang terdiri dari bidang politik, ekonomi, sosial, dan pendidikan. Fokus utama novel ini terletak pada perjuangan Heather McGhee sebagai tokoh utama untuk mengatasi dominasi sistematis yang dilakukan oleh kelompok kulit putih yang berpikiran rasis yang mengarah pada penurunan kualitas hidup masyarakat kulit hitam dan kulit putih dalam novel tersebut. Selain itu, penelitian ini juga berfokus pada reaksi terhadap dominasi tersebut yang dilakukan Heather untuk melawan penindasan kelompok kulit putih rasis terhadap komunitas kulit hitam. Tujuan-tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana dominasi sistematis kelompok kulit putih rasis digambarkan dalam masyarakat Amerika dan bagaimana komunitas kulit hitam melawan dominasi sistematis tersebut. Heather dan Janice bekerja secara kolektif dengan Demos, sebuah advokasi tempat mereka bekerja, untuk melawan dominasi sistematis kelompok kulit putih rasis dalam politik, ekonomi, sosial, dan pendidikan. Selain itu, Heather juga belajar dari pengalaman ibunya, Dr. Gail Christopher, tentang cara menghadapi dominasi sistematis kelompok kulit putih rasis sehingga mengurangi penindasan yang dialami tidak hanya oleh komunitas kulit hitam, tetapi juga keluarga kulit putih di masyarakat Amerika pada masa pemerintahan Presiden Truman. Upaya kolektif yang ditunjukkan oleh Heather, Gail, Janice, Natalia, dan rekan-rekan advokat di Demos, membawa mereka pada keberhasilan dalam memperjuangkan hak-hak yang setara bagi komunitas kulit hitam di masyarakat Amerika dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan, kecuali politik. 

This research employs a postcolonial approach to literature, implementing Edward Said’s concept of orientalism to analyze systematic domination and resistance in the first point of view novel The Sum of Us: What Racism Costs Everyone and How We Can Prosper Together by Heather McGhee. This study identifies four types of systematic domination and resistance in the novel that includes politics, economics, social, and education. The central focus of the novel lies on the struggle of Heather McGhee as the main character to tackle systematic domination conducted by the zero-sum white that leads to the degradation of life quality of both communities of color and European-American people in the novel. In addition, it also focuses on the reactions of those dominations that Heather deployed to resist suppression of the zero-sum white to the communities of color. The objectives of this paper include how systematic domination of the zero-sum white is portrayed in American society and how communities of color resist that systematic domination. Heather and Janice work collectively with Demos, an advocacy they work at, to combat the systematic domination of the zero-sum white in politics, economics, social, and education. Other than that, Heather also learns from the experience of her mother, Dr. Gail Christopher, on how to deal with the systematic domination of the zero-sum white that results in the decrease of oppression experienced not only by the communities of color, but also European-American families in American society during the administration of President Truman. Collective efforts demonstrated by Heather, Gail, Janice, Natalia, and fellow advocates at Demos, lead to their success of fighting for equal rights of communities of color in American society in economics, social, and education, unless politics. 

Kata Kunci : Pascakolonial, The Sum of Us, Dominasi Sistematis, Perlawanan

  1. S1-2024-463102-abstract.pdf  
  2. S1-2024-463102-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-463102-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-463102-title.pdf