ANALYSIS OF LANGUAGE FUNCTION AND AIDA REFLECTION IN INSTAGRAM CONTENT OF VASA HOTEL SURABAYA
SEPTINA AURELIA YVONNE, Alfelia Nugky Permatasari, S.S., M.A
2024 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS
Penelitian ini menganalisis
penerapan fungsi Bahasa dan penerapan AIDA (Attention, Interest, Desire,
Action) dalam konten Instagram di Vasa Hotel. Latar belakang penelitian ini
menyoroti semakin pentingnya media sosial, terutama Instagram, sebagai alat pemasaran
utama dalam industri perhotelan. Komunikasi melalui konten dapat meningkatkan
citra merek, melibatkan pelanggan potensial, dan mendorong konversi. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Vasa Hotel menggunakan fungsi bahasa
yang berbeda - informatif, ekspresif, estetis, direktif, dan fatis - untuk
menciptakan konten yang berdampak serta konten yang digunakan dalam analisis
ini diambil pada lima bulan pertama pada tahun 2024. Selain itu, penelitian ini
juga mengeksplorasi penerapan kerangka kerja AIDA untuk menarik dan
mempertahankan minat audiens, menumbuhkan keinginan, dan mendorong tindakan
seperti pemesanan. Metodologi yang digunakan adalah analisis konten kualitatif
terhadap konten Instagram yang dipilih dari akun resmi Vasa Hotel, dengan fokus
pada integrasi fungsi bahasa dan prinsip-prinsip AIDA. Temuan menunjukkan bahwa
konten Vasa Hotel menggabungkan konten informatif dengan elemen ekspresif dan
estetika untuk menarik perhatian dan minat. Penggunaan bahasa direktif dan
fungsi fatis semakin meningkatkan keterlibatan dan menumbuhkan rasa kebersamaan
di antara para pengikut. Penerapan strategis kerangka kerja AIDA dalam takarir
ini berhasil mendorong tindakan audiens, yang berkontribusi pada tujuan
pemasaran hotel. Maka dari itu, penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan
yang terstruktur dengan baik terhadap konten di Instagram dapat secara
signifikan meningkatkan pemasaran di industri perhotelan.
This research analyses the
application of the Language function and the application of AIDA (Attention,
Interest, Desire, Action) in Instagram content at Vasa Hotel. The background of
this research highlights the growing importance of social media, especially
Instagram, as a key marketing tool in the hospitality industry. Tweeting
communication can enhance brand image, engage potential customers, and drive
conversions. This research aims to analyze how Vasa Hotel uses different
language functions - informative, expressive, aesthetic, directive, and phatic
- to create impactful captions. The content used in this analysis was taken in
the first five months of 2024. In addition, this research also explores the
application of the AIDA framework to attract and maintain audience interest,
cultivate desire, and drive actions such as bookings. The methodology used was
a qualitative content analysis of selected Instagram content from Vasa Hotel's
official account, focusing on the integration of language functions and AIDA
principles. The findings show that Vasa Hotel's content combines informative
content with expressive and aesthetic elements to attract attention and
interest. The use of directive language and phatic functions further enhances
engagement and fosters a sense of community among followers. The strategic
application of the AIDA framework in this narrative successfully drives
audience action, which contributes to the hotel's marketing objectives. Thus,
this study demonstrates that a well-structured approach to content on Instagram
can significantly improve marketing in the hospitality industry.
Kata Kunci : AIDA, Instagram content, Language functions