The Visual Semiotics Analysis on Meanings Interpretation of INNSiDE by Melia Yogyakarta’s E-flyers as Hotel Promotion
CAHYANING HAYU PANCA HAPSARI, Andri Handayani, S.S., M.A.
2024 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS
Tujuan penelitian
untuk mendata jenis - jenis tanda visual pada e-flyer hotel, mengamati komposisi
teks bahasa Inggris pada data e-flyer, dan mengkaji penerapan teori semiotika
dari konsep Charles Sander Peirce pada hasil analisis data komponen e-flyer.
Ruang lingkup penelitian adalah menganalisis e-flyer sebagai semiotika visual
dalam bidang promosi hotel, yang bersumber dari sebuah hotel internasional
Yogyakarta, "INNSiDE by Melia Yogyakarta." Studi penelitian dilakukan
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam observasi terstruktur dengan
deskripsi mendalam, dan hasil data disajikan dalam sistem tabulasi data. Kajian
semiotika visual didasarkan pada indikator e-flyer (kata, gambar, warna) dan
menerapkan proses sintesis teori Peirce pada tiga jenis tanda yang terdiri dari
elemen: tanda (ikon, indeks, simbol); representamen (sinsign, qualisign,
legisign); dan interpretant (rheme, dicent, argument). Temuan penelitian
e-flyer yang ditemukan dalam bahasa Inggris tertulis yang dipublikasikan
melalui Instagram hotel (@innsideyogya); ditemukan dalam beragam kategori, yang
mencakup keseluruhan produk, layanan, dan informasi khusus, yang memiliki
tujuan penyampaian informasi pemasaran hotel. Data e-flyer penelitian dengan
total 25 e-flyer, yang kemudian dimasukkan ke dalam 5 kategori: aktivitas Skydeck,
makanan dan minuman, acara khusus, layanan kamar, dan layanan hotel. Hasil dari
penelitian melalui konsep trikotomi teori semiotika Peirce secara signifikan
menunjukan bahwa sumber dari setiap elemen tanda yang terlihat oleh audiens
dapat menciptakan interpretasi makna dalam penggunaan sebuah e-flyer, di mana
mampu mendukung terbentuknya tanda yang dapat dikenali dan diketahui secara
umum.
The research study aims to record the visual sign types of hotel e-flyers, observe the English text composition in the e-flyer data, and examine the application of semiotic theory from the Charles Sander Peirce concept to the analysis results of the e-flyer component data. The study's scope is to analyze e-flyers as visual semiotics in the field of hotel promotion, sourced from a Yogyakarta international hotel, "INNSiDE by Melia Yogyakarta." The research study was conducted using a qualitative approach in structured observation with an in-depth description, and the data results are presented in a tabulation data system. The visual semiotics study was based on the e-flyers indicators (words, image, color) and applied the synthesizing process Peirce's theory to three types of sign element objects (icon, index, symbol); representamen (sinsign, qualisign, legisign); and interpretant (rheme, dicent, argument). The findings were found in written English, composed of the published e-flyers through the hotel's Instagram; it discovered diverse categories, including the overall products, services, and special features, as the marketing information was delivered. The e-flyers data, totaling 25 e-flyers, was included in 5 categories: Skydeck activity, food and beverage, special event, room service, and hotel service. As a result, Peirce's semiotics theory in the concept of trichotomy signifies that the origin type of any visible elements can create the meaning interpretation in the setting of an e-flyer, which supports the formation of a sign type that is recognizable and can be generally known.
Kata Kunci : Charles S. Peirce semiotics theory, e-flyer analysis, hospitality industry, meanings interpretation, tabulation data