Analisis Hubung Singkat Untuk Setting Relay Proteksi Arus Lebih Dalam Menentukan Ambang Batas Aman Pada High Speed Circuit Breaker (HSCB) Di Gardu Traksi Gawok
USAMAH ASSHOLIHIN, Atikah Surriani, S. T., M. Eng.
2024 | Tugas Akhir | D4 TEKNOLOGI REKAYASA ELEKTRO
Gardu traksi merupakan gardu listrik yang berfungsi untuk mengubah
energi listrik yang dipasok oleh industri tenaga listrik supaya sesuai dengan
tegangan, frekuensi dan tipe arus yang dibutuhkan oleh Kereta Rel Listrik
(KRL). Salah satu gangguan yang dapat mengganggu sistem transmisi DC KRL adalah
arus hubung singkat yang dapat disebabkan karena beban arus lebih yang tidak
sesuai dengan peralatan penghantar dan sistem proteksi instalasi. Salah satu
sistem proteksi yang digunakan pada gardu traksi adalah high speed
circuit breaker (HSCB) yang dilengkapi dengan relay arus lebih. Saat
terjadi gangguan hubung singkat, HSCB akan mengalami trip dan akan
mengunci, maka otomatis pasokan energi untuk KRL terhenti.
Penelitian ini membahas tentang analisis arus hubung singkat yang
terjadi pada tengah-tengah diantara dua gardu, tepat di bawah gardu traksi dan
di bawah gardu traksi yang bersebelahan. Untuk perhitungan nilai arus gangguan
tersebut perlu mengetahui spesifikasi komponen-komponen gardu traksi.
Hasil
dari perhitungan secara manual menggunakan persamaan didapatkan nilai arus
gangguan sebesar 3.462 A pada middle point, 3.636 A pada right under
the substation dan 3.116 A pada under the adjacent substation.
Sedangkan dalam simulasi menggunakan software ETAP didapatkan nilai 3.405
A, 3.628 A dan 3.107 A. Nilai yang digunakan untuk setting relay
I max+ adalah 3.116 A sehingga didapatkan nilai setting 3.000 A. Untuk setting
relay di/dt adalah 25 kA/s.
The traction substation is an electrical substation that functions
to convert electrical energy supplied by the electric power industry to match
the voltage, frequency and type of current required by the CommuterLine. One of
the disturbances that can interfere with the CommuterLine DC transmission
system is a short circuit current that can be caused by an overcurrent load
that is not in accordance with the conductor equipment and installation
protection system. One of the protection systems used in the traction
substation is a high speed circuit breaker (HSCB) equipped with an overcurrent relay.
When a short circuit fault occurs, the HSCB will trip and lock, automatically
stopping the energy supply to the CommuterLine.
This study discusses the analysis of short circuit currents that
occur in the middle between two substations, just below the traction substation
and below the adjacent traction substation. For the calculation of the fault
current value, it is necessary to know the specifications of the traction
substation components.
The
results of the manual calculation using the equation obtained a fault current
value of 3.462 A at the middle point, 3.636 A at the right under the substation
and 3.116 A under the adjacent substation. While in the simulation using ETAP
software obtained values of 3.405 A, 3.628 A and 3.107 A. The value used for setting
relay I max+ is 3.116 A so as to obtain a setting value of 3.000 A. For relay setting
di/dt is 25 kA/s.
Kata Kunci : Traction Substation, High Speed Circuit Breaker, Overcurrent Relay, Short-circuit