Validasi Tes Kognitif AJT : Pengukuran Invariansi pada Jenis Kelamin, Usia, dan Suku
Haryanti Mustika, Galang Lufityanto, S.Psi., M.Psi., Ph.D. Psikolog
2024 | Tesis | S2 Psikologi
Perbedaan kognitif dapat terjadi pada kecerdasan
anak yang terikat dengan atribut kelompok. Tes kognitif AJT sebagai alat untuk
mengukur kemampuan kognitif anak belum dilakukan evaluasi psikometris berkaitan
dengan perbedaan ukur lintas kelompok. Penelitian ini menguji validitas tes AJT
lintas kelompok (jenis kelamin, usia, dan suku) sebagai salah satu jenis
evaluasi psikometrik dalam proses pengembangan alat ukur. Pengujian ini dikenal
dengan kesetaraan pengukuran, didefinisikan sebagai suatu pengukuran
menunjukkan bahwa konstrak dasar sama sedang diukur lintas kelompok. Pengujian
dimodelkan melalui multigroup confirmatory factor analysis (MGCFA).
Data sekunder AJT bersumber dari UPAP yang total sampelnya sebanyak 4.839
dengan kriteria anak-remaja usia sekolah (5-18 tahun). Hasil penelitian
membuktikan hipotesis alternatif diterima. Penarikan kesimpulan didapatkan
bahwa fungsi internal pengukuran tes kognitif AJT dipengaruhi perbedaan
perkembangan usia pada cara peserta menanggapi tes. Namun diantara lintas
kelompok jenis kelamin dan suku, hal ini tidak mempengaruhi fungsi internal tes
kognitif AJT dalam pengukurannya.
Cognitive differences can occur in children's
intelligence that are tied to group attributes. The AJT cognitive test as a
tool for measuring children's cognitive abilities has not yet undergone
psychometric evaluation regarding differences in measurements across groups.
This research examines the validity of the AJT test across groups (gender, age
and ethnicity) as a type of psychometric evaluation in the process of
developing measuring instruments. This test is known as measurement
equivalence, defined as a measurement showing that the same underlying
construct is being measured across groups. Testing was modeled through
multigroup confirmatory factor analysis (MGCFA). AJT secondary data comes from
UPAP with a total sample of 4,839 with the criteria being school age children
and teenagers (5-18 years). The research results prove that the alternative
hypothesis is accepted. The conclusion was drawn that the internal function of
the AJT cognitive test measurement was influenced by differences in age
development in the way participants responded to the test. However, among gender
and ethnic groups, this does not affect the internal function of the AJT
cognitive test in its measurement.
Kata Kunci : pengukuran invariansi, tes kognitif AJT, evaluasi psikometrik