Laporkan Masalah

The Influence of at Dyandraglobal Instagram Content on Public Perception of SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE at JAKARTA

ALIFIA ARSY DIKKA LAZUARDI, Erlin Estiana Yuanti, S.S., M.A. ; Alfelia Nungky Permatasari, S.S., M.A. ; Ummul Hasanah, S.S., M.A.

2024 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh dari konten yang telah dibuat oleh Dyandra Global Edutainment mengenai SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @JAKARTA terhadap pembentukan persepsi publik yang mengamati konten tersebut. Dengan demikian peneliti berfokus dari segi konten, penggunaan Bahasa Inggris sebagai caption, serta seberapa informatif konten promosi ini. Fokus objek penelitian ini adalah penonton konser SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA, sekaligus audiens yang mengamati konten-konten Dyandra Global Entertainment di Instagram, dengan rentang usia 17-30 tahun. Teori acuan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teori public perceptions. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis meliputi wawancara dengan penonton konser yang mengikuti konten-konten Dyandra mengenai SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @JAKARTA, kemudian dilanjutkan dengan tinjauan pustaka dari beberapa teori yang membantu penulis untuk meneliti mengenai persepsi publik dari konten-konten ini, seperti: copywriting, fungsi Bahasa Inggris sebagai caption, dan persepsi publik itu sendiri. Setelah itu, penulis mengolahnya dengan menggunakan metode kualitatif. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa konten promosi yang dibuat Dyandra di Instagram berpengaruh terhadap pembentukan persepsi audiens mengenai konser ini sekaligus membentuk pandangan terhadap kapabilitas Dyandra sebagai event promotor. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa jenis konten promosi yang menarik perhatian publik, khususnya untuk konten promosi konser seperti yang dilakukan oleh Dyandra, adalah konten-konten berupa video atau reels di Instagram yang berisi video perkenalan dari para artis yang mengisi konser tersebut, konten yang berisi cuplikan video dari suasana vibes konser yang berlangsung, serta konten yang informatif seperti inspirasi busana untuk penonton yang akan menghadiri konser.

This research was conducted with the aim to see the influence of the content that has been created by Dyandra Global Edutainment regarding SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @JAKARTA on the formation of public perceptions of the audience who observe the content. Thus, the researcher focuses in terms of content, the use of English as a caption, and how informative this promotional content is. The focus of this research object is the audience of the SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ Jakarta concert, as well as the audience who observes Dyandra Global Entertainment's content on Instagram, with an age range of 17-30 years. The reference theory used in this research is public perceptions. The data collection methods include interviews with concert goers as well as following Dyandra's content about SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @Jakarta, then continued with a literature review of several theories that help to research the public perception of these contents, such as: copywriting, the use of English as a caption, and public perception itself. After that, I processed it using qualitative methods. According to the findings of this study, Dyandra's Instagram promotional content, with persuasive language, interesting visualizations, and cultural context, influenced audience perceptions of the concert as well as Dyandra's capabilities as an event promoter. Furthermore, this study discovered that the type of promotional content that attracts public attention, especially for concert promotional content, is content in the form of videos or reels on Instagram containing video introductions of the artists who are performing in the concert, content containing video footage of the vibes of the concert take place, and informative content such as fashion inspiration for the audience who will attend the concert.

Kata Kunci : persepsi publik, konten Instagram, kualitatif, Dyandra Global Edutainment

  1. D4-2024-463790-abstract.pdf  
  2. D4-2024-463790-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-463790-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-463790-title.pdf