Penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta :: Analisis dan strategi peningkatan penerimaannya
HADI, Trisno Martopo, Drs. Wahyu Widayat, M.Ec
2004 | Tesis | S2 Ilmu Ekonomi dan Studi PembangunanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) tingkat efisiensi, efektivias dan elastisitas PKB dan BBNKB di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Periode yang digunakan dalam penelitian ini mulai Januari 2000 sampai dengan Desember 2003. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara langsung dengan pihakpihak yang terkait dalam penelitian ini. Data sekunder meliputi data target, realisasi, jumlah kendaraan bermotor, PKB dan BBNKB yang diperoleh dari Dispenda Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jangka panjang PDRB perkapita dan jumlah kendaraan berpenaruh positif dan signifikan terhadap PKB dan BBNKB, efektivitas PKB dan BBNKB dilihat dari perbandingan rasio antara realisasi dan target, efektivitas rata-rata melebihi 100%. Efisiensi PKB dan BNKB tahun 2002 sebesar 6,96, dan tahun 2003 sebesar 5,91. Elastisitas PKB dan BBNKB dari tahun 2001 sampai denan tahun 2003 bersifat elastis (E>1). Sedangkan dari analisis kualitatif dapat diambil kesimpulan bahwa kinerja pemungutan PKB dan BNKB masih kurang optimal, sehingga perlu dipertimbangkan kekuatan internal, eksternal, dengan demikian diharapkan pemungutan PKB dan BBNKB dapat dilaksanakan dengan optimal.
The research attempts to analyze influence factors on vehicle tax and vehicle ownership changing tax, effectivities, efficiency, and elasticity of vehicle tax and vehicle ownership changing tax of the province of D. I. Yogyakarta. The periode which has been used in this case is starting on January 2000 until Desember 2003. Primary data was used in this research and also the secondary one, the primary one was taken from direct interview with the persons who involve on this case and the other one is contain from target and realization data of vehicle tax and vehicle ownership changing tax from Dispenda D. I. Yogyakarta of Province. The result of this research shows that the PDRBpercapita and the amount of vehicle influence on vehicle tax and vehicle ownership changing tax in the long run, the effectivities value of vehicle tax and vehicle ownership changing tax by compare between realization and target is effective, the results shows average more than 100%. The value of efficiency at vehicle taxand vehicle ownership changing tax is 6,96 in 2002 year, and in 2003 year is 5,91. The value of the elasticity at vehicle tax and vehicle ownership changing tax at starting 2001 until 2003 is elastic (E>1). Based on result of qualitatif analyze (SWOT), that Government of D. I. Yogyakarta Province has to increase its effort.
Kata Kunci : Pajak Kendaraan dan Bea Balik Nama Kendaraan,Peningkatan PAD, Vehicle Tax (PKB), Vehicle Ownership Changing Tax (BBNKB), Efficiency, Effectivities, Elasticity, SWOT Analize