Refleksi Filosofis Jati Diri Anak Fatherless Perspektif Pengampunan Charles L. Griswold
Aris Novita Rahayu, Dr. Septiana Dwiputri Maharani ; Dra. Jirzanah
2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT
Fatherless merupakan kondisi ketidakhadiran
ayah dalam mengawal tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun psikis yang
disebabkan oleh berbagai faktor dan latar belakang. Penelitian ini
mempertanyakan secara filosofis antropologis mengenai jati diri anak fatherless
meliputi pengertian, faktor menyebabkan kondisi tersebut hingga perkembangan konsep
fatherless di Indonesia. Jati diri anak fatherless kemudian
ditinjau dengan menggunakan konsep pengampunan Charles L. Griswold.
Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian deskriptif
kualitatif dengan metode penelitian studi kepustakaan. Penelitian ini
menggunakan model penelitian mengenai fenomena aktual dan didukung dengan
sumber referensi terkait mengenai karya yang berkaitan dengan pengampunan
Charles L. Griswold serta referensi yang relevan dan terkini mengenai jati diri
anak dalam kasus fatherless. Penelitian ini menggunakan sumber-sumber
kepustakaan dalam pengambilan data dengan menggunakan metode analisis
hermeneutika filosofis. Unsur-unsur metodis yang digunakan adalah deskripsi,
interpretasi, koherensi intern, dan refleksi.
Hasil penelitian ini pertama kemampuan
intrapersonal dan interpersonal anak yang memiliki latar belakang fatherless
dipengaruhi erat oleh pengalaman dan pemahaman anak dalam memberikan refleksi
terhadap kondisi yang dilalui berdasarkan capaian perkembangan jati diri anak
serta adanya pengaruh narasi, cita-cita dan harapan yang diajukan oleh Charles
L. Griswold dalam syarat pengampunan. Kedua, analisis filosofis jati
diri anak fatherless yang ditinjau melalui perspektif pengampunan dapat
dilihat melalui bentuk-bentuk penyebab dan dampak yang disebabkan dari kondisi
tersebut, maka proses pengampunan akan disesuaikan dengan prinsip-prinsip
keadilan dan rekonsiliasi.
Fatherless is a condition of father absence in overseeing the growth and
development of children both physically and psychologically caused by various
factors and backgrounds. This research questions the philosophical
anthropological identity of fatherless children, including the definition, the
factors that cause this condition, and the development of the concept of
fatherless in Indonesia. The identity of fatherless children is then reviewed
using Charles L. Griswold's concept of forgiveness.
This research falls into the category of descriptive qualitative research
with a literature study research method. This research uses a research model
regarding actual phenomena and is supported by relevant reference sources
regarding works related to Charles L. Griswold's forgiveness as well as
relevant and current references regarding the identity of children in
fatherless cases. This research uses literature sources in data collection
using the philosophical hermeneutic analysis method. The methodical elements
used are description, interpretation, internal coherence, and reflection.
The results of this study are firstly, the intrapersonal and interpersonal
abilities of children who have a fatherless background are closely influenced
by the experience and understanding of children in providing reflections on the
conditions they go through based on the achievement of children's identity
development and the influence of narratives, ideals and hopes proposed by
Charles L. Griswold in the conditions of forgiveness. Second, the philosophical
analysis of fatherless children's identity viewed through the perspective of
forgiveness can be seen through the forms of causes and impacts caused by these
conditions, then the forgiveness process will be adjusted to the principles of
justice and reconciliation.
Kata Kunci : Jati Diri, Anak Fatherless, Pengampunan, Keadilan, dan Rekonsiliasi