Laporkan Masalah

PERAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KECENDERUNGAN DEPRESI IBU RUMAH TANGGA DI INDONESIA: ANALISIS DATA IFLS-5

BELINDA HAEBA KRISTIANTO, Bhina Patria, S.Psi., M.A., Dr. rer. pol.

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Depresi lebih sering terjadi pada wanita.  Depresi dipengaruhi oleh dan sebagian diprediksi oleh sejumlah faktor. Mengidentifikasi dan mengevaluasi variabel-variabel yang menyebabkan depresi akan memudahkan pengelolaan strategi intervensi yang sesuai. Penelitian telah mengindikasikan bahwa pendidikan berfungsi sebagai faktor proteksi terhadap depresi. Data dari Survei Kehidupan Keluarga Indonesia 5, yang melibatkan 4767 ibu rumah tangga berusia antara 21 dan 45 tahun, digunakan dalam penelitian ini. Analisis regresi linier berganda digunakan dalam desain penelitian kuantitatif untuk memastikan apakah tingkat pendidikan memiliki dampak positif atau negatif terhadap kecenderungan ibu rumah tangga Indonesia untuk mengalami depresi. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada peran yang signifikan antara tingkat pendidikan terhadap kecenderungan depresi ibu rumah tangga.

Depression is more common in women.  Depression is influenced by and partially predicted by a number of factors. Identifying and evaluating the variables that lead to depression will facilitate the management of suitable intervention strategies. Research has indicated that education serves as a safeguard against depression. Data from the Indonesian Family Life Survey 5, which included 4767 housewives between the ages of 21 and 45, were used in this investigation. Multiple linear regression analysis was utilized in a quantitative research design to ascertain whether education level had a favorable or negative impact on Indonesian housewives' propensity for depression. The results showed no significant role of education level on the tendency of housewives depression.

Kata Kunci : Depresi, Ibu rumah tangga, Pendidikan.

  1. S1-2024-455671-abstract.pdf  
  2. S1-2024-455671-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-455671-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-455671-title.pdf