Speech Act Analysis in English Caption of @Folkative Instagram Account
YUNIZAR RAHMANINGSIH, Nabilla Kusuma Vardhani, S.I.P., M.A.
2024 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS
@Folkative merupakan portal berita Instagram Indonesia yang digemari masyarakat, khususnya anak muda. Meskipun menyediakan gambar dengan Bahasa Indonesia, namun takarir ditulis dalam bahasa Inggris. Pada masa Pemilu 2024, @Folkative aktif memberitakan berita pemilu sejak November 2023 yang menarik minat anak muda. Penelitian ini mengangkat tema analisis berita Pemilu Indonesia oleh @Folkative untuk memahami makna dan maksud pesan, sehingga meningkatkan efektivitas komunikasi. Penelitian ini menganalisis caption berbahasa Inggris akun Instagram @Folkative dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori tindak tutur ilokusi oleh Searle. Tindak tutur oleh Searle diklasifikasikan menjadi 5 kategori, yaitu tindak tutur representatif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklarasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 30 representatif, 13 direktif, 2 komisif, 4 ekspresif, dan 0 deklarasi. Hal ini menunjukkan bahwa @Folkative memiliki maksud dan tujuan penulisan yang berbeda untuk setiap berita yang disampaikan, seperti menyampaikan informasi, mengarahkan partisipasi, mengekspresikan sikap, dan membangun komitmen dengan audiens mereka selama pemilu. Dapat disimpulkan bahwa @Folkative menggunakan komunikasi yang terencana dan bervariasi untuk penulisannya.
@Folkative is an Indonesian Instagram news portal that is increasingly popular with the public, especially young people. Even though they provide pictures with the Indonesian language, they write the caption in English. During the Indonesian Election 2024, @Folkative actively reports the election news since November 2023, which attracts the interest of young people. This research brings an analysis of Indonesian Election news by @Folkative to understand the meaning and intention of the message, thereby increasing the effectiveness of communication. This study analyses the English caption of @Folkative Instagram account using descriptive qualitative methods with the theory of illocutionary speech act by Searle. The speech act by Searle is classified into 5 categories, such as representatives, directives, commissives, expressives, and declaration. The results show there are 30 representatives, 13 directives, 2 commissives, 4 expressives, and 0 declaration acts. It shows that @Folkative has different writing intentions and purposes for each news item delivered, such as conveying information, directing participation, expressing attitudes, and building commitment with their audience during the election. It can be concluded that @Folkative uses planned and varied communication for writing.
Kata Kunci : @Folkative, caption, English, speech act